Pengaruh Musik Dalam Penjualan Produk

Dalam konsep Pemasaran, banyak hal yang dilakukan oleh marketers untuk menarik calon konsumen membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. Secara umum, ada Teknik yang dikenal dengan bauran Pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari product, price, place, and promotion. Kombinasi yang tepat dari keempat variabel tersebut dan tentunya dengan tetap memperhatikan target market, maka akan memiliki pengaruh yang besar pada penjualan produk atau jasa dari perusahaan.

Selain faktor tersebut ada faktor lain yang juga harus diperhatikan, yakni faktor emosional dari calon konsumen, faktor emosional tersebut dapat dipengaruhi melalui panca indra manusia. Penelitian menunjukan bahwa panca indera, perasaan, cara pikir, kebiasaan, dan relasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 59.4% (Noviarini & Khasanah, 2012).

Salah satu panca indera yang dapat di stimulus adalah indera pendengaran, studi yang dilakukan oleh HUI Research di Negara Swedia pada tahun 2017 di salah satu gerai restoran cepat saji menunjukan bahwa terdapat peningkatan penjualan pada gerai-gerai yang sudah di setting dengan musik yang tepat. Peningkatan penjualan tertinggi terdapat pada produk hidangan penutup, milkshake dan smoothies, dan kudapan.

Berdasarkan dari dua studi tersebut maka dapat diketahui bahwa panca indera manusia dapat mempengaruhi keputusan pembelian, tentunya di era seperti sekarang ini, sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk mempertimbangkan faktor experience of customer dalam memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki sehingga selain kepuasan konsumen, konsumen juga akan menjadi loyal pada produk atau jasa yang kita tawarkan.