Siapkan Lulusan Unggul Melalui Desain Komunikasi Visual Universitas Binus

Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki lembaga pendidikan berupa universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Bina Nusantara atau yang dikenal dengan nama Universitas Binus. Ada berbagai jurusan yang ditawarkan oleh universitas Binus, seperti Desain Komunikasi Visual. Yang mana kuliah desain di Bandung ini cukup mendapat minat yang besar mengingat prospek dan peluang dari jurusan ini yang sangat besar di era digital ini.

Diketahui bahwa tidak semua universitas yang ada di Indonesia menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual ini. Dan Universitas Binus adalah salah satunya yang memiliki jurusan dengan menekankan pada kreativitas setiap mahasiswanya di dalam menerapkan ilmu desain yang turut serta melibatkan teknologi komunikasi dan informasi di dalamnya.

Kampus Binus

Perlu diketahui bahwa Binus memiliki banyak kampus yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, dan Malang. Sehingga, bagi Anda yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas terbaik, khususnya di jurusan Desain Komunikasi Visual, maka Binus adalah solusinya. Di Jakarta sendiri terdapat 6 kampus dengan berbagai fasilitas canggih yang ditawarkan. Kampus Binus di Jakarta meliputi Binus Syahdan, Binus Anggrek, Binus Kijang, Binus JWC, Binus Alam Sutera, dan Binus Bekasi Campus.Sedangkan di Binus Bandung, terdapat kampus Teknologi Kreatif. Dan di Binus Malang terdapat pusat Digital Technology dan Entrepreneurship.

Seperti di Kampus Binus Syahdan sendiri yang terletak di Jalan Pasirkaliki Nomor 25-27, Paskal Hyper Square, Bandung. Di mana kampus ini menyediakan program yang diperuntukkan pada tingkat strata 1 yang berupa Computer Science (Informatics), Visual Communication Design, Interior Design, dan Creativepreneurship. Sehingga kampus ini pun mendapat slogan dengan nama Kampus Teknologi Kreatif. Hal tersebut dikarenakan setiap jurusan di kampus tersebut mengombinasikan antara ilmu kreatif dengan berbasis kepada teknologi.

Bagi Anda yang akan menjalani kuliah desain di Bandung, maka selain teori juga akan bisa mengasah kemampuan yang dapat memecahkan berbagai permasalahan yang kompleks, keterampilan untuk bisa berpikir kritis, mengasah kreativitas, keterampilan untuk bisa mengelola modal insani, dan kemampuan untuk bisa berkoordinasi.

Bahkan kampus ini juga memiliki program enrichment, di mana Anda akan bisa memilih untuk menjalani magang, kewirausahaan, pengembangan masyarakat, penelitian, maupun untuk berkuliah ke luar negeri.

 

Kompetensi Lulusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual ini memiliki berbagai kompetensi lulusan yang nantinya diharapkan bisa didapatkan oleh setiap mahasiswa yang mengambil jurusan desain ini. Kompetensi lulusan tersebut meliputi hal berikut ini.

  1.   Membuat Karya DKV Cetal Dan Digital

Lulusan DKV diharapkan untuk memiliki kompetensi lulusan yang mampu untuk membuat karya-karya Desain Komunikasi Visual (DKV), baik dalam bentuk cetak maupun digital. Di mana karya-karya tersebut adalah karya yang mempunyai nilai tambah dan estetika untuk bisa mengatasi permasalahan yang berupa identitas, komunikasi massa, dan kompetisi yang sedang dihadapi oleh para pemangku kepentingan.

  1.   Bisa Melakukan Riset Dan Eksplorasi Ide

Lulusan Universitas Binus dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) diharapkan untuk bisa melakukan riset dan eksplorasi ide agar bisa menetapkan tujuan, sasaran komunikasi, dan prototipe dari solusi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang bisa mengatasi akan masalah identitas, komunikasi massa, dan kompetisi. Di mana hal tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang meliputi budaya, sejarah, konsekuensi sosial, dan juga regulasi.

  1.   Analisis Tingkat Efisiensi Pemanfaatan Material Dan Waktu

Dalam hal ini lulusan dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) diharapkan bisa melakukan analisis pada tingkat efisiensi pemanfaatan material dan waktu di dalam melakukan proses produksi di setiap alternatif prototipe dari solusi Desain Komunikasi Visual yang menjadi pilihan. Di mana hal tersebut tanpa mengubah dari esensi dan estetika desain tersebut.

  1.   Mengkomunikasikan Prototipe Solusi DKV Mandiri Dan Kelompok

Kuliah desain di Bandung ini diharapkan lulusan memiliki kompetensi untuk mengkomunikasikan alternatif prototipe solusi Desain Komunikasi Visual, baik yang dilakukan secara mandiri dan juga kelompok, dalam bentuk yang berupa verbal, grafis, tulisan, serta model yang bersifat komunikatif. Di mana hal tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik manual dan juga digital yang didasarkan pada kaidah komunikasi yang tepat.

  1.   Merintis Usaha Mandiri

Di era digital ini, banyak sekali lapangan kerja baru yang bergerak dalam bidang desain dengan memanfaatkan teknologi-teknologi masa kini. Sehingga, hadirnya jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Binus pun memiliki kompetensi lulusan yang mampu untuk merintis usaha secara mandiri, khususnya dalam bidang komunikasi visual.

  1.   Merancang Karya DKV

Dengan mendapatkan materi pembelajaran akan Desain Komunikasi Visual, tentunya mahasiswa dengan lulusan tersebut memiliki kompetensi untuk bisa merancang karya Desain Komunikasi Visual yang bisa mengedepankan akan nilai-nilai budaya serta kearifan lokal yang merupakan identitas karya anak bangsa.

Pilihan Peminatan

Program studi Desain Komunikasi Visual yang ada di Universitas Binus ini berupaya agar bisa mempersiapkan generasi-generasi muda yang kreatif dengan memiliki wawasan global tanpa meninggalkan nilai-nilai yang bersifat lokal dengan turut melibatkan teknologi komunikasi. Sehingga, nantinya para lulusan bisa menghasilkan karya-karya yang berupa seni visual. Di dalam jurusan Desain Komunikasi Visual Binus ini sendiri menyediakan pilihan peminatan yang berupa New Media dan juga Creative Advertising.

  1.   Digital Media

Di dalam peminatan Digital Media, para lulusan ini nantinya akan mampu untuk menguasai media digital dan seni yang berbasis dengan teknologi, sehingga bisa membantu dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan komunikasi dengan menggunakan berbagai media visual yang juga termasuk media gerak digital.

 

  1.   Animation

Sedangkan di dalam peminatan Animation berupaya untuk bisa menciptakan lulusan yang mampu menjadi praktisi di dalam bidang industri animasi dan film. Di mana lulusan tersebut akan bisa untuk menciptakan ide yang bersifat revolusioner dengan basis teknologi dan menghasilkan karya-karya dengan beragam gaya animasi..

Kelompok Perkuliahan

Di dalam pendistribusian mata kuliah dengan jurusan Desain Komunikasi Visual ini terdapat beberapa kelompok perkuliahan yang ada di setiap semestenya. Di mana nantinya setiap mahasiswa DKV akan menjalani perkuliahan di tingkat strata I secara umum, yakni selama 8 semester dengan setiap mata kuliah dan SKS yang telah ditetapkan sebelum akhirnya mendapatkan gelar akademik berupa Sarjana Desain atau S.Ds.

Kelompok perkuliahan tersebut meliputi:

  1.   Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
  2.   Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
  3.   Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
  4.   Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
  5.   Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

 

Melihat betapa besarnya peluang di zaman yang serba teknologi dan banyaknya aktivitas perekonomian yang juga melibatkan dengan kreativitas desain, tentu kuliah desain di Bandung ini menjadi lembaga pendidikan yang tepat untuk mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten dalam bidang Desain Komunikasi Visual. Sebagaimana visi dari jurusan ini yang akan menghasilkan tenaga perancang komunikasi visual yang dapat diakui secara nasional.