PERKEMBANGAN INDUSTRI MEDIA CETAK LOKAL

IWAN SETIAWAN

DOSEN : DKV D-6082

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA BANDUNG

 

Indonesia merupakan negara berkembang, ditandai dengan cepatnya proses pengembangan dalam berbagai bidang aspek kehidupan tingkat tinggi, salah satunya adalah teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan masyarakat informasi juga ditandai dengan munculnya media massa sebagai salah satu alat komunikasi massa. Saat ini jenis-jenis media massa terbagi menjadi dua, yaitu media cetak dan media elektronik. Pada media cetak terdapat majalah, dan surat kabar. Sementara media elektronik yaitu radio siaran, televisi, film dan media online.

Media cetak merupakan salah satu saluran komunikasi yang cukup efektif dalam penyampaian informasi. Menurut indonews.com tahun 2018, karya jurnalistik berbentuk cetak adalah yang tertua di dunia. Media cetak pertama di dunia adalah yang dituliskan diatas papan bernama Acta Diurna, pertama kali muncul pada 131 SM pada masa Republik Romawi. Media cetak memiliki berbagai bentuk, contohnya berupa koran, majalah, tabloid, dan lain-lain.

Di Indonesia, media cetak mempunyai peranan sendiri  di tengah masyarakat hingga sekarang, ada 5 periode perkembangan media cetak di Indonesia di antaranya adalah Zaman Belanda, Zaman Jepang, Zaman Kemerdekaan, Zaman Orde Lama, dan Zaman Orde Baru. Namun apa manfaat dari media cetak itu sendiri? Media cetak memiliki manfaat yaitu :

  1. Ekonomis, harga untuk menggunakan media cetak sebagai media penyampaian informasi terbilang murah atau ekonomis untuk seluruh kalangan masyarakat baik masyarakat kalangan atas maupun menengah ke bawah. Waktu yang diperlukan untuk memperoleh informasi juga menjadi ekonomis karena penjual surat kabar saat ini sudah banyak ditemui seperti di pinggir jalan maupun di toko buku.

 

  1. Tidak bergantung pada koneksi jaringan, Media komunikasi cetak ini tidak tergantung pada jaringan koneksi seperti media komunikasi digital. Media komunikasi cetak memiliki manfaat yang tidak bergantung terhadap kecanggihan teknologi seperti sinyal jaringan internet.
  2. Aktual dan Faktual, Surat kabar yang sering dijumpai masyarakat ini menyajikan isi infomasi yang lengkap, faktual, dan aktual. Informasi yang disampaikan sudah terpercaya sesuai dengan informasi yang sedang berkembang di masyarakat. Hal ini menjadikan surat kabar tetap eksis sampai saat ini karena tidak mengandung unsur informasi yang menipu pembacanya. Informasi yang disampaikan dalam bentuk tulisan tersebut dibuat secara detail, singkat, padat, dan bersifat menyeluruh artinya informasi yang ditulis telah mewakili seluruh fenomena yang ada di lingkungan masyarakat pada saat itu.

 

Lalu bagaimana perkembangan industri media cetak lokal yang sudah hadir sampai saat ini? Media lokal berbeda peran dengan media nasional. Lokalitas media akan lebih ditonjolkan dibanding media nasional. Budaya dan kearifan lokal suatu wilayah dapat menjadi informasi yang bermanfaat sebagai bentuk melestarikan kearifan lokal di daerah tersebut. Media lokal merefleksikan keragaman masyarakat, khususnya dalam dimensi wilayah, politik, agama, etnis, budaya, dan kearifan lokal, termasuk memberikan akses yang layak untuk kaum minoritas. Berikut beberapa daftar media cetak lokal, yaitu :

 

 

BANDUNG

Koran Galamedia (2001) Koran Bandung Pos (2000) Tabloid Hikmah (2000)
Tabloid Galura (2000)  

Tabloid Mitra Bisnis (2001)

Tabloid Kujang (2005)
Koran Giwangkara (2000) Tabloid Pelajar (2002) Majalah Mangle (2001)
Tabloid Rakyat Pos (1999) Tabloid Jendela Profesional (1999) Tabloid Swa Bisnis (1999)
Tablod Pasopati (1999) Koran Suara Publik (2000) Tabloid Suara Indonesia Baru (2000)

 

 

JAKARTA

Pos Kota (1970) Jakarta Pos Koran Jakarta

 

 

SURABAYA

Surabaya Post (1953) Surya – Surat Kabar (1989) Radar Surabaya (2001)

 

 

SUMATERA SELATAN

Sriwijaya Post Sumatera Ekspres Sumsel Post
Palembang Post Palembang Ekspres Radar Palembang
Harian Berita Pagi Suara Nusantara Media Sumatera
Linggau Post Prabumulih Post Lahat Post

 

 

NUSA TENGGARA

Suara NTB Timor Eskpres Pos Kupang

 

 

 

KALIMANTAN

Banjarmasin Pos Bontang Post Kaltara Pos
Kalteng Pos Kaltim Pos Pontianak Post
Radar Banjarmasin Radar Tarakan Samarinda Pos
Koran Kaltim Tribun Kaltim Kalselpos

 

 

SULAWESI

Kendari Pos Koran Manado Swara Kita
Tribun Manado Amanah Harian Berita Kota Makasaar

 

 

PAPUA

Cendrawasih Pos Radar Timika Salam Papua