Pengembangan Platform Virtual Reality untuk Pembelajaran bahaya Kebakaran
Oleh: Mochammad Haldi Widianto
Motivasi siswa biasanya diperlukan, untuk kondisi yang memungkinkan dalam proses pembelajaran yang sukses dan itu sangat berkorelasi dengan karakteristik desain game. Dengan majunya teknologi multimedia terutama game, banyak peneliti menerapkannya pada kegiatan pendidikan karena game memiliki sifat yang dapat melibatkan siswa ke dalam keadaan pendidikan. Beberapa peneliti juga mengusulkan teori edutainment sengan menunjukan digital content pembelajaran berbasis game yang menghasilkan efek belajar positif. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan virtual reality (VR) menyediakan interaksi baik melalui simulasi di dunia maya, dimana pengguna mendapatkan pengalaman dan mempelajari apa yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata
Dalam kegiatan pendidikan, pembelajaran yang baik akan meningkatkan kemampuan belajar aktif dan pemikiran mandiri siswa. Beberapa peneliti mengusulkan siklus belajar berdasarkan pengalaman, yang digunakan secara liar (diatur dengan baik). Dalam praktiknya pengajaran dan pendidikan situasi mengenai kognisi, teknik dan kasih saying sangat diperlukan. Menurut sudut pandang siklus belajar berdasarkan pengalamannya, siswa akan mengubah pengalaman konkret menjadi abstrak sehingga akan terwujudnya pentingnya “belajar”, “interaksi” dan “Pengetahuan” sesuai dengan siklus berikut :
Kolb experimental learning cycle
Dalam penelitiannya , perangkat realitas virtual imersif, menggunakan HTC Vive, sebagai alat belajar, dan menurut prinsip-prinsip desain model untuk mengembangkan game berbasis materi pembelajaran digital. Untuk pencegahan bencana kebakaran dibuatlah beberapa model interraksi. Salah satunya Model EFM yang dirancang untuk pendidikan game, dan menggambarkan game edukasi yang menyertakan motivasi, aliran, dan lingkungan belajar yang efektif.
Pengoperasian aplikasi pendidikan bencana kebakaran
Setelah siswa menggunakan platformnya, sekitar 70% siswa percaya bahwa menggunakan perangkat VR dapat meningkat minat belajar dan sangat membantu untuk interaksi pembelajaran. Penelitian dilakukan di Taiwan, jika di Taiwan dapat menumbuhkan minat siswa. Sudah sewajarnya pemerintah menggunakan teknologi terkini dalam pembelajaran anak usia sebelum perkuliahan
Referensi
Sung-Chiang Lin, Tsung-Ju Lee, Hsien-Wei Wang, Hung-Chang Chan ,” Developing the immersion virtual reality platform based on experiential learning Cycle using fire disaster prevention education as an example, “2018 7th International Congress on Advanced Applied Informatics, Taiwan
Comments :