Luasnya Prospek Kerja Lulusan Jurusan DKV Universitas Bina Nusantara

 

Saat ini di mana eranya industri 4.0, universitas jurusan dkv di Bandung pun semakin mendapat minat yang besar dari para generasi muda yang ingin menggeluti dalam bidang desain visual ini. Di mana saat ini diketahui bahwa kegiatan komunikasi antar manusia semakin mengalami perkembangan. Tidak lagi sekedar berkomunikasi secara face to face, tetapi juga semakin bergerak untuk melakukan pola komunikasi secara visual.

Dengan komunikasi secara visual ini pun, maka aktivitas komunikasi yang dilakukan akan semakin menarik karena di dalamnya turut melibatkan dengan inovasi para milenial yang diyakini melalui pengetahuan dan wawasan yang luas serta mampu membaca tren yang saat ini sedang terjadi.

Mengingat bahwa komunikasi secara visual ini sedang tren, hal tersebut pun juga diikuti dengan prospek kerja yang besar dengan benefit yang juga besar. Karena dapat disadari bahwa banyak dari perusahaan di era digital ini yang sangat membutuhkan akan kehadiran para desainer visual ini agar bisa turut berkompetisi di dalam perekonomian di era digital.

Oleh karena itu, salah satu universitas swasta populer di Indonesia yakni Universitas Bina Nusantara atau Binus turut menyediakan jurusan Desain Komunikasi Visual atau yang biasa disingkat dengan DKV ini patut untuk mendapatkan sambutan yang besar, terutama oleh para generasi muda. Karena jurusan DKV di Binus sendiri merupakan salah satu jurusan unggulan yang telah mengantongi akreditasi A.

Jurusan DKV Yang Tidak Selalu Tentang Menggambar

Bagi sebagian besar orang jika mendengar jurusan Desain Komunikasi Visual, maka yang akan terpikirkan pertama kali adalah harus jago dalam urusan menggambar. Namun, secara kenyataan menggambar di dalam jurusan Desain Komunikasi Visual adalah merupakan salah satu skill. Karena setiap orang juga memiliki kemampuan lainnya yang mendukung dirinya untuk bisa mengambil jurusan di Desain Komunikasi Visual. Misalnya saja orang tersebut memiliki kekuatan dalam menciptakan konsep dan membuatnya bisa menghasilkan segudang ide yang tidak pernah terputus.

Ada juga yang memiliki kelebihan di dalam fotografi, ilustrasi, kemampuan dalam menciptakan desain-desain untuk media  sosial maupun periklanan, atau bisa juga orang tersebut hebat di dalam mengoperasikan komputer sehingga dirinya benar-benar mahir dalam menggunakan software. Sehingga, kemampuan menggambar bukan lah satu-satunya yang kan dipelajari dan perlu untuk dikuasai di dalam jurusan ini. Tetapi masih ada hal fundamental lainnya yang juga dipelajari.

Misalnya saja di universitas jurusan dkv di Bandung yang lebih tepatnya adalah Universitas Binus, memiliki berbagai macam mata kuliah untuk semakin mendukung kemampuan para mahasiswanya di Desain Komunikasi Visual. Misalnya saja seperti English Entrant, Computer Graphic, Character Building berupa Pancasila, Entrepreneurship, Typography, Surface Packaging Design. New Media, Audio Visual, Copy Writing, Marketing, Consumer Behaviour, Advertising Media, Digital Advertising, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Lulusan DKV Yang Semakin Luas

Jika membicarakan mengenai jurusan Desain Komunikasi Visual, maka Anda akan langsung berpikir mengenai karya-karya desain visual seperti film. Di mana diketahui bahwa keberadaan film saat ini semakin pesat mengalami kemajuan dan semakin banyak menggunakan animasi di dalamnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika saat ini juga semakin banyak perusahaan film yang membutuhkan para lulusan Desain Komunikasi Visual ini, seperti lulusan dari universitas jurusan dkv di Bandung yang tidak perlu diragukan lagi akan kualitasnya yang unggul.

Seperti hanya di bagian concep art, di mana bagian ini akan menjadi referensi visual yang sangat menentukan sebelum konsep tersebut akan diangkat ke dalam sebuah tampilan 3D.  Peluang-peluang di bidang Desain Komunikasi Visual ini sangat lah bervariasi. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan proses untuk melakukan pengkonsepan terhadap ide-ide yang kreatif agar bisa menghasilkan karya yang dapat bergerak, memiliki karakter, serta memiliki efek. Bahkan tidak sedikit lowongan pekerjaan saat ini yang membutuhkan lulusan Desain Komunikasi Visual yang dapat dikerjakan secara freelance.

  1.   Art Director

Salah satu jenjang karir yang bisa dijalani di dalam bidang desain grafis adalah sebagai art director. Dan pekerjaan ini pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Karena tentunya yang mampu untuk mendapatkan tugas di dalam pekerjaan ini selain memiliki pendidikan atau pengetahuan mengenai Desain Komunikasi Visual, juga dibutuhkan pengalaman yang cukup.

Art director sendiri merupakan orang yang memiliki tanggung jawab terhadap sebuah tampilan visual secara keseluruhan yang ada di berbagai media, yang meliputi koran, film, majalah, kemasan, hingga pada produksi di televisi. Bagian ini lah yang nantinya akan membuatkan desain untuk proyek-proyek tersebut serta memberikan berbagai arahan kepada timnya di dalam proses pembuatan layout.

  1.   Ilustrator

Ilustrator menjadi pekerjaan yang saat ini tengah populer dan banyak diburu khususnya oleh para lulusan dari jurusan Desain Komunikasi Visual. Tidak terkecuali dari universitas jurusan dkv di Bandung yang memiliki kesempatan besar untuk bisa menjadi ilustrator handal. Jasa dari ilustrator ini sedang banyak-banyaknya dicari karena tidak semua orang bisa mengerjakan tugas-tugas dari seorang ilustrator. Mengingat pekerjaan ini sangat dibutuhkan akan kreativitas yang tinggi dan kemampuan menggambar yang menjadi modal utama.

Profesi ini pun diketahui semakin mendapatkan posisi yang penting, terutama di era digital ini. Ilustrator biasanya bekerja di bidang industri kreatif dan industri media dengan tugas seperti mendesain karya ilustrasi yang nantinya akan ditampilkan ke buku, website, iklan, koran, majalah, kemasan produk, komik, dan sebagainya.

  1.   Web Design

Di dalam profesi sebagai web design, maka Anda akan bekerja untuk membuat desain-desain yang diperuntukkan pada sebuah website. Di mana nantinya desain tersebut akan dinikmati melalui smartphone maupun laptop dan tidak dalam bentuk karya cetak. Tugas dari seorang web design ini misalnya saja seperti merancang konsep layout website, merancang layout secara visual yang dapat menggunakan Photoshop, Firework, maupun Gimp, mengkonversikan layout visual ke dalam HTML dan juga CSS, membuat susunan markup di HTML, bisa memberikan efek tambahan sesuai dengan yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Sehingga, seorang web design ini harus lah bisa membuat desain layout untuk website dan memastikannya bahwa layout tersebut bisa berjalan dengan baik pada web browser.

Dengan demikian, universitas jurusan dkv di Bandung yakni Universitas Bina Nusantara sendiri sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, khususnya dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, bisa menciptakan lulusan-lulusan yang berkompeten di bidangnya.

Selain itu para lulusan ini juga diharapkan bisa untuk menerapkan ilmu pengetahuan baik lokal maupun global, tanpa meninggalkan sejarah dan nilai-nilai lokal, teknologi, dan kewirausahaan. Sehingga, lulusan ini nantinya bisa berkontribusi di dalam industri kreatif masyarakat Indonesia dengan mengikutsertakan ilmu Desain Komunikasi Visual yang didapat serta memanfaatkan dari adanya perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi.