Virtual YouTuber next generations

Virtual YouTuber (Vtuber) merupakan salah satu kolabarasi anime dan pemanfaatan media internet. YouTuber virtual (Vtuber) adalah tren terbaru media digital yang berawal dari Jepang. Virtual YouTuber (Vtuber) memiliki banyak pengikut, beberapa dari mereka memiliki jutaan follower dan menjadikan mereka sebagai trend setter untuk produk-produk seperti nendroid, official promotion material bahkan berkolaborasi dengan Youtuber lainnya.

 

V-Tuber adalah sebutan untuk akun youtuber virtual, mereka bukan sebagai manusia, melainkan sebagai avatar digital sebuah karakter anime. Perbedaan yang dimiliki V-Tuber adalah content creator sebuah avatar animasi 2D atau 3D serta umumnya avatar tersebut diisi oleh pemeran suara asli manusia atau buatan. Unggahan content V-Tuber sama seperti para content creator youtuber lainnya, misalnya vlogging, endorse, cover lagu, games atau promosi barang

 

V-Tuber berkembang pesat semenjak terkenalnya V-Tuber Jepang, Kizuna Ai, lewat salurannya, A.I.Channel. Pertanyaannya apa teknologi di balik karakter gadis anime virtual ini? Rancangan Karakter anime YouTuber Virtual sebagian besar melibatkan pengenalan wajah, pengenalan gerakan dan perangkat lunak animasi. penggabungan teknologi ini memiliki tingkat kesulitan tingi contohnya  masalah yang paling terkenal dengan teknologi ini adalah pengungkapan identitas asli Noracat dalam siaran langsung.

 

Saat ini, User Local Inc Jepang, mencatat lebih dari 4000 V-tuber tersebar di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, sudah ada beberapa V-Tuber yang tidak kalah menarik dari V-Tuber Jepang. VTuber yang populer di Indonesia adalah Maya Putri. Maya Putri memiliki subcriber sebanyak 75 ribu diawal debut Vtuber-nya 19 Agustus 2018. VTuber ini diinisiasi dan disupport oleh Shinta VR, sebuah perusahaan dibidang Virtual Reality.

 

Beberapa karakter Virtual YouTuber

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=XoJGc8xOIzw

 

 

 

 

 

Maya Putri, Virtual YouTuber Indonesia

Sumber: https://blog.ciayo.com/news/maya-putri-virtual-youtuber-indonesia/