Josua Hartana – 2301855160

 

Sekarang ini, data menjadi suatu sumber yang sangat menjanjikan untuk banyak perusahaaan. Data adalah pengumpulan informasi dari berbagai macam sumber untuk membuat suatu keputusan menjadi lebih baik. Perusahaan bisa mengetahui dan mengenal pelanggannya dengan lebih baik. Ini juga membantu agar terjadinya relasinya yang lebih baik antara si penjual dan pembeli. Semua transaksi seperti riwayat pembelian dan yang lainnya bisa diketahui oleh perusahaan. Data sudah menjadi salah satu bentuk investasi yang cukup dibutuhkan saat ini. Bahkan, data – data ini bisa diwariskan kepada penerus bisnis kita karena data bersifat selamanya dan tidak akan hilang seiring waktu berjalan.

 

Big data atau biasa juga disebut data terbagi menjadi 5 macam bentuk yaitu volume, velocity, variety, value, dan veracity. Volume merupakan ukuran dari suatu data yang dicari. Kita harus memproses jumlah data yang cukup besar untuk agar bisa digunakan. Velocity adalah kecepatan dari data agar data tersebut bisa cepatu digunakan dan diterima. Variety adalah variasi dari berbagai macam data yang tersedia. Semakin banyak variasi data yang tersedia, maka akan semakin bagus untuk bisnis. Lalu ada value dan veracity.Setiap data tentunya memiliki suatu value yang berharga dan tidak terdapat di data-data lainnya.Veracity atau kejujuran dalam data merupakan komponen terakhir dari 5 macam bentuk data.

 

Cara kerja dari bisnis data ini adalah setiap data yang didapat dari aplikasi-aplikasi smartphone diambil lalu dijual kembali kepada perusahaan yang membutuhkan data tersebut. Data-data yang dibeli ini biasanya digunakan untuk melakukan pendekatan kepada pelanggan-pelanggan dari suatu perusahaan. Perusahaan jasa survei yang biasanya kerap melakukan pekerjaan ini. Dengan melakukan survei, mereka akan mendapat berbagai macam informasi seperti produk apa yang sedang digemari di pasaran, kelemahan dan kelebihan dari produk yang dijual, dan popularitas dari si produk yang dijual. Contoh lainnya adalah bisnis jual beli pulsa. Setiap tukang pulsa pasti akan mendapatkan nomor telepon dari orang-orang yang membeli pulsa pada mereka. Lalu, para penjual pulsa ini bisa menjual nomor telepon dari pelanggan mereka pada perusahaan yang membutuhkan seperti perusahaan asuransi dan pinjaman-pinjaman uang.

 

Bisnis data merupakan salah satu bisnis yang cukup mudah untuk dijalani. Tidak perlu menggunakan banyak karyawan dan cukup bermain sosial media. Kita bisa dengan mudah menjual database tersebut dan hanya memerlukan sedikit waktu untuk menjalaninya. Bisnis data memiliki prospek yang cukup cerah untuk kedepannya. Sebab, semua bisnis selalu berkembang dan memerlukan inovasi yang tidak berhenti. Demi perkembangan dan inovasi bisnis yang baik maka data menjadi satu aspek yang sangat penting demi kelanjutan bisnis mereka. Namun, kita memerlukan target yang tepat dalam menjalani bisnis ini. Selain itu keakuratan dari data yang kita jual pun harus tinggi agar para calon pembeli dari data kita percaya dan mau membeli data yang kita sediakan.