Leony Angela – 2301873730

 

Marketing research atau riset pemasaran adalah proses mengidentifikasi, mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis data/informasi tentang pemasaran yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefiniskan peluang dan masalah-masalah dalam pasar agar aktivitas pemasaran lebih efektif.

Peran penting marketing research untuk penjualan adalah untuk menyediakan bagi pihak manajemen dengan berbagai informasi yang benar-benar relevan, akurat, handal, valid, dan paling uptodate.

Tujuan dari riset pemasaran bagi perusahaan :

  • Evaluating :

Riset pemasaran ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Fungsi evaluasi dalam riset pemasaran ini juga termasuk ketika perusahaan ingin melakukan review terhadap brand positioning dibandingkan dengan produk pesaing.

 

  • Understanding :

Riset pemasaran ini berfungsi untuk menekankan pada tujuan untuk memahami konsumen sebagai salah satu insight atau masukan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan memahami konsumen, perusahaan akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keluhan konsumen. Riset pemasaran yang dilakukan biasanya adalah riset yang menggambarkan potret kebiasaan dan perilaku konsumen serta harapan dan keluhan mereka terhadap produk.

 

  • Predicting :

Fungsi riset pemasaran ini merupakan prediksi yang dilakukan dalam riset pemasaran yang sangat beresiko karena sifatnya sangat relatif. Ketika sebuah brand ingin membidik pasar baru, maka riset pemasaran selalu dijadikan bahan acuan utama. Begitupun ketika perusahaan ingin menyusun strategi pemasaran baru, riset pemasaran masih menjadi penilaian utama.

Jenis riset pemasaran berdasarkan tujuannya :

  • Problem Solving Research :

Riset pemasaran yang diadakan untuk mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan yang sering terjadi dalam pemasaran. Riset pemasaran jenis ini berorientasi pada masalah pemasaran yang sudah pernah terjadi diidentifikasi dan dievaluasi kembali untuk mendapatkan solusi serta mencegah terulangnya kesalahan di masa depan.

 

  • Controlling Research :

Riset pemasaran yang diadakan untuk pengawasan atau pengendalian proses bisnis serta pemasaran yang sedang terjadi. Riset pemasaran yang dilakukan secara reguler akan mampu menjaga kinerja proses bisnis dan pemasaran agar mampu menghasilkan zero deffect dalam perusahaan.

 

  • Planning Research :

Riset pemasaran yang diadakan untuk mendapatkan informasi sebagai panduan dalam merencanakan kegiatan pemasaran. Sebuah perencanaan bisnis atau pemasaran memerlukan informasi dari riset pemasaran untuk dapat mengukur secara tepat target serta strategi yang akan disusun agar tidak merugikan perusahaan.