Oleh: Mochammad Haldi Widianto

 

Hari ini terus berkembang orang-orang yang terjakit virus corona baru atau COVID 19, berbagai macam upaya pemerintah baik itu physical distancing ataupun pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menjelaskan alat rapid test serologi atau antibodi (RDT Micro-chip atau RDT IgG IgM) mampu memberikan hasil cepat terhadap virus corona dalam waktu sekitar 10 menit. Dan dapat menghasilkan hasil yang juga baik

Menurut Perekaya Madya Bidang Molecular Biotechnology BPPT, Rapid Diagnostic Test (RDT) dirancang menggunakan platform teknologi imunokromatografi sehingga dapat mendeteksi secara cepat.

Produk lain yaitu RDT IgG/IgM ini bakal mampu mendeteksi secara cepat antara 5 sampai 10 menit dengan meneteskan darah atau serum pada kit. Hal itu dilakukan untuk mendeteksi apakah darah seseorang tersebut memiliki antibodi Covid-19 atau tidak. Sebelumnya, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) targetkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mampu menciptakan alat tes virus corona (SARS-CoV) polymerase chain reaction (PCR) portabel dalam waktu kurang dari satu bulan.

Sehingga banyak yang telah dilakukan pemerintah kita untuk terus melindungi masyarakatnya menggunakan beberapa metode dan alat untuk mendeteksi COVID 19, bagaimana pendapat kalian sendiri??

 

Referensi

Kompas.com dengan judul “Setelah Rapid Test, Tes PCR Diperlukan untuk Pastikan Virus Corona”, https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/03/080300423/setelah-rapid-test-tes-pcr-diperlukan-untuk-pastikan-virus-corona.
Penulis : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas
Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200407155823-199-491296/mengenal-alat-rapid-test-corona-bppt-hasil-keluar-10-menit

https://www.youtube.com/watch?v=vttbL6_YUoM