Apa rahasia berhasil dalam berbisnis?

Supaya dapat meningkatkan profit pada penjualan, maka diharuskan untuk mengetahui segala hal yang terkait pada penjualan tersebut. Sebelum menentukan strategi marketing apa yang cocok untuk bisnis yang sedang dijalankan, diwajibkan untuk melakukan riset terlebih dahulu yang biasa disebut sebagai “Marketing Research“.

Masih banyak orang yang tidak mengira bahwa marketing research itu penting, faktanya step tersebut yang paling berguna dalam proses berbisnis. Marketing research dapat diartikan sebagai informasi. Informasi yang menghubungkan konsumen / public dengan pasar. Informasi pada marketing research membantu dalam mengidentifikasikan peluang dan masalah yang ada, mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran dan memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Marketing research akan membantu memfokuskan segala informasi yang dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Entah itu cara untuk metode pengumpulan informasi, menerapkan proses-proses pengumpulan data, analisis hasil dan juga menyimpulkannya. Secara ringkas, Marketing research adalah perencanaan, pengumpulan, dan analisis data yang selaras dengan pengambilan keputusan pada pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis kepada manajemen.

Mengapa dengan melakukan marketing research dapat menaikan profit penjualan?

Karena setelah melakukan riset pemasaran, bisnis kita akan menjadi suatu “kebutuhan” untuk customer/konsumen karna kita telah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh customer. Selain itu bisnis kita akan lebih berkembang daripada competitor karena marketing research merupakan salah satu faktor kunci yang digunakan dalam mempertahankan daya saing dibanding para pesaing. Banyak pelaku bisnis yang gagal dalam hal informasi. Karna kurangnya riset yang dilakukan maka membuat bisnis tersebut kurang diharapkan dan tidak dibutuhkan oleh customer. Maka penghasilan pada profit pun tidak maksimal.

Tujuan adanya marketing research antara lain :

  1. Mendapatkan informasi yang akurat.
  2. Bebas dari pengaruh  keinginan pribadi.
  3. Identifikasi , mulai dari masalah menajemen sampai merumuskannya kedalam bentuk maslaah riset pemasaran.
  4. Menggunakan metode yang tepat dalam pengumpulan data risetnya.
  5. Menggunakan analisis yang tepat.
  6. Interpretasi

Ada dua jenis dalam marketing research yaitu riset primer dan sekunder. Pada riset primer, riset ini dipakai untuk menampung informasi yang berasal dari hasil penjualan terkini atau tengah sedang dijalankan. Riset sekunder menganalisa data yang sudah dirilis, dengan itu kita akan menemukan pesaing yang dapat menjadi tolak ukur dalam penjualan.

Metodenya pun berbeda-beda, terdapat tiga metode yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis. Pertama, kuesioner dengan menyebarkan daftar pertanyaan terkait data yang dibutuhkan untuk jenis usaha tertentu yang dipilih. Kedua, riset group dengan menyampaikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, mencoba produk dan jasa serta memberikan masukan tentang kelebihan dan kekurangannya. Ketiga, survey dengan memberi pertanyaan sederhana terkait produk atau jasa yang ditawarkan dan bersifat acak.

Objek atau materi riset dalam marketing research diantaranya :

  1. Produk
  2. Harga
  3. Promosi
  4. Distribusi

Step yang mempermudah untuk melakukan proses pengambilan keputusan dengan menggunakan “Decide Model“ terdapat 6 langkah yaitu :

  1. Pengambilan keputusan dimulai dengan rinci dimulai dari mendefinisikan masalah atau kesempatan, dengan tujuan dan kendala.
  2. Menentukan faktor keputusan yang mungkin membentuk program alternative tindakan dan ketidakpastian.
  3. Mengumpulkan informasi yang relevan.
  4. Mengidentifikasi dan memilih alternatif terbaik berdasarkan kriteria atau ukuran keberhasilan.
  5. Merencanakan secara terperinci untuk mengembangkan dan menerapkan alternatif yang dipilih.
  6. Evaluasi kembali.

Oleh karna itu sangat penting untuk melakukan marketing research untuk berbisnis. Agar mempermudah dalam proses penjualan dan juga membantu segala hal informasi yang dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan lebih useful, profitable, and sustainable.

Sherlyn

LA02-2301854725