ZIA MERIDA RAHMANI / 2301896406

 

Marketing research atau riset pemasaran adalah penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian. Seseorang melakukan marketing research memiliki sebuah tujuan untuk mencapai target. Marketing research bisa dilakukan dengan cara :

  • Melalui penyebaran kuisioner yang sesuai dengan target market dan tujuan riset pasar.
  • Riset group dengan mengumpulkan sekelompok target market utama kita dan menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan dan menyampaikan kelebihan dan kekurangan produk atau jasa itu.
  • Observasi, biasanya dilakukan dengan sukarela dan acak dalam pemilihan respoden. Cara ini dilakukan untuk melihat perilaku dari konsumen.

Materi marketing research itu sendiri adalah objek yang akan dipasarkan yaitu produk, harga, promosi, distribusi.

Adapun fungsi marketing research itu sendiri adalah :

 

  • fungsi deskriptif; Dikumpulkan dan disajikan melalui pernyataan terkait fakta.
  • fungsi diagnostik; Pembahasan terkait data maupun tindakan.
  • fungsi prediktif; Spesifikasi terkait bagaimana pemakaian riset deskriptif serta diagnostik dalam memprediksi hasil dari keputusan pemasaran yang terencana.

Proses marketing research yang harus dilaksanakan secara sitematis :

  • Hal yang pertama dilakukan adalah identifikasi masalah. Pihak perusahaan akan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah apa yang muncul dalam bidang pemasaran sehingga dibutuhkan riset lebih lanjut.
  • Setelah masalah teridentifikasi, langkah berikutnya adalah perumusan kerangka teori. Di sini, langkah-langkah penyelesaian masalah melalui riset akan dirumuskan lebih lanjut.
  • Selanjutnya ada formulasi desain riset. Riset yang hendak dijalankan makin dimatangkan dalam tahapan ini agar bisa dijalankan dengan baik dan hasilnya optimal.
  • Aktivitas lapangan termasuk pengumpulan data. Petugas riset akan terjun ke lapangan dan melakukan aktivitas pengumpulan data sesuai metode yang telah dirumuskan sebelumnya.
  • Dilakukan persiapan serta analisis data. Data hasil riset di lapangan diolah agar bisa disajikan dengan rapi.
  • Terakhir membuat laporan marketing research serta presentasi hasil dari penelitian atau riset yang dijalankan. Dari keseluruhan tahapan di atas, diharapkan akan didapat hasil yang optimal terkait langkah-langkah yang harus diambil selanjutnya berdasarkan hasil riset untuk kemajuan perusahaan ke depannya.