Pentingnya Marketing Intelligence Dalam Berbisnis

Saat ini kebanyakan bisnis menengah kebawah masih kurang memperhatikan tentang market intelligence, padahal hal ini cukup penting untuk diperhatikan. Market intelligence adalah proses pengumpulan informasi yang nantinya akan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan rencana dan strategi pemasaran. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang profesional yang sudah terlatih sehingga mereka sudah terbiasa dan dapat mengumpulkan informasi tanpa orang lain tahu bahwa mereka adalah seorang market intelligence. Seorang market intelligence juga sudah sangat terbiasa untuk mencari informasi sebanyak mungkin dan dapat memanfaatkan segala hal untuk dijadikan informasi.

Marketing intelligence ini adalah suatu hal penting bagi proses pengembangan suatu bisnis. Dengan adanya altivitas market intelligence ini kita dapat mengetahui informasi tentang apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target market kita, perilaku target market, dan apa saja yang sedang menjadi tren masyarakat. Hal ini sangat penting bagi keberhasilan pemasaran suatu produk baru.

Di Indonesia masih belum banyak perusahaan yang melakukan aktivitas market intelligence, khususnya perusahaan-perusahaan kecil dan bisnis baru. Mereka masih ragu untuk melakukan aktivitas market intelligence karena untuk melakukan aktivitas ini membutuhkan SDM dan biaya lebih.

Bagi bisnis atau perusahaan kecil, aktivitas market intelligence tetap bisa dilakukan. Hal paling mudah yang dapat dilakukan dari aktivitas market intelligence ini adalah wawancara. Kegiatan wawancara ini dapat dilakukan secara terbuka. Berdasarkan infromasi yang didapat melalui wawancara tersebut dapat digali perilaku, tren, bahkan berapa uang yang dapat target market keluarkan untuk membeli suatu produk. Untuk lebih jelasnya, proses market intelligence ini dapat dilakukan melalui 4 tahap :

  1. Perencanaan untuk menentukan informasi apa yang akan didapat
  2. Pengumpulan data dan informasi. Dapat dilakukan dengan cara observasi atau dengan wawancara kepada target market, pelanggan pesaing, atau supplier.
  3. Melakukan analisis informasi.
  4. Penyebaran informasi kepada departemen yang terkait.

Sebisa mungkin marketing intelligence ini dilakukan karena tujuan dari markting intelligence ini cukup berpengaruh bagi bisnis yang dijalankan. Berikut tujuan dari marketinf intelligence:

  • Mengetahui keadaan pasar atau tren saat ini
  • Mengetahui pesaing
  • Membantu untuk membuat keputusan dalam pengembangan produk
  • Membantu untuk menentukan startegi pemasaran yang tepat
  • Membuat inovasi baru dalam bisnis
  • Menentukan harga yang sesuai

Jika sedang memulai bisnis atau sudah menjalankan bisnis alangkah baiknya jangan melewatkan proses marketing intelligence. Proses marketing intelligence ini dapat membantu untuk mengembangkan atau bahkan memulai bisnis. Dengan mengetahui apa yang cocok untuk dipasarkan dan dijual tentunya akan sangat membantu bagi kesuksesan bisnis.

 

 

Emmanuela Kesya

2301895851

LA02