Penulis: Jesse Owen T. C.

Dulunya JavaScript ini hanya digunakan di browser untuk membangun halaman web yang bisa di interaksi atau interaktif. Tetapi dikarenakan komunitas besar dan infestasi dari perusahaan besar seperti google dan facebook, saat ini JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan didunia saat ini. Sekarang, JavaScript bisa digunakan untuk membangun aplikasi hape, aplikasi realtime networking seperti “chat dan streaming video”, command-line tools, dan video game.

Perusahaan besar seperti NetflixWalmart, dan PayPal sudah menggunakan JavaScript untuk membangun aplikasi mereka sendiri. JavaScript semulanya didesain hanya untuk di browser. Jadi setiap browser mempunyai yang namanya JavaScript Engine yang bisa mengeksekusi kode JavaScript. Contohnya, JavaScript Engine di Firefox disebut SpiderMonkey dan untuk di Chrome disebut v8. Di tahun 2009 seorang engineer bernama Ryan Dahl mengambil JavaScript Engine dari Chrome dan menanamkannya kedalam program C++ dan menamainya Node. Dengan ini, kita bisa menjalankan kode JavaScript diluar browser jadi kita bisa memberikan kode JavaScript ke “Node” untuk dieksekusikan.

Ini artinya, dengan JavaScript kita bisa membangun Back End untuk web dan aplikasi hape kita. (Back End: Bagian dari sistem komputer atau aplikasi yang tidak secara langsung diakses oleh pengguna, biasanya bertanggung jawab untuk menyimpan dan memanipulasi data.)

Sumber: http://jeblog.net/apex/f?p=104:5:9888405784855::::P5_KODE:5465

Wassalam – Bobsis’20