by Sebastian Alexander / 2301850922

 

            Pada era modern ini, ada banyak teknik penelitian yang dapat dilakukan oleh individu atau organisasi. Orang mulai menggunakan berbagai teknik penelitian untuk mengobservasi berbagai hal. Secara umum terdapat dua jenis penelitian, yakni penelitian secara kuantitatif dan penelitian secara kualitatif. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai jenis penelitian kualitatif.

DEFINISI:

Apa yang dimaksud dengan penellitian kualitatif? Penelitian jenis ini tidak terlalu fokus kepada angka atau nilai dalam pengukuran variabelnya dan tidak melakukan suatu pengujian menggunakan metode statistik. Memang penelitian ini lebih tidak terstruktur dari ‘temannya’, penelitian kuantitatif, tapi penelitian ini tidak bergantung pada pengukuran numerik, sehingga kita bisa menilai sesuatu melalui informasi yang didapat melalui responden.

PROSES       

Dalam penelitian kualitatif, format yang digunakan bisa dilakukan secara bebas, tidak terikat pada suatu bentuk/layout tertentu. Data/informasi bisa berbentuk gambar maupun tulisan yang menjelaskan dan atau mendukung objek penelitian.

Depedensi sang peneliti sangat penting dalam penelitian jenis ini. Si peneliti bisa saja mempengaruhi responden untuk menjawab pertayaan-pertanyaan tertentu. Objektivitas harus tetap dijaga karena penilaian bukan berbentuk angka, melainkan tanggapan bebas responden.

Penelitian kualitatif bisa digunakan untuk mencari sebuah tujuan penelitian. Dengan melakukan penelitian ini, kita bisa menggali topik lebih dalam dengan mengumpulkan data dari responden. Penelitian ini juga bisa menjadi solusi untuk suatu variable yang tidak bisa dianalisis secara numerik. Misalnya pendapat masyarakat mengenai MRT di DKI Jakarta. Memang kita bisa mendapatkan data ‘setuju dan tidak setuju’ dengan program MRT, tapi berbeda halnya bila kita lakukan penelitian kualitatif. Jawaban akan semakin luas dan lebih mudah untuk dianalisis untuk mendapat kesimpulan akhir.

Ada beberapa ruang lingkup dari metode penelitian kualitatif yang dapat digunakan pada topik penelitian yang berbeda, yaitu : action research, case study, ehnographic research atau participant observation, focus group, interviews, life history research, participant diaries, dan structured observations.

Salah satu metode peelitian yaitu focus group. Focus group merupakan meeting yang dilakukan oleh 5-15 orang, untuk membahas mengenai topik tertentu. Focus group ini relatif cepat untuk dilakukan. Hanya  memerlukan 30-90 menit efektif, kita sudah bisa mengambil kesimpulan mengenai topik tersebut. Memang focus group ini efektif, tapi biaya untuk melaksanakan ini tidaklah sedikit.

Modal yang banyak memang sangat membantu untuk keberhasilan sebuah penelitian, tapi jangan kita dibatasi oleh uang, waktu, dan tenaga. Penelitian yang baik adalah penelitian yang berhasil mendapat kesimpulan untuk ide yang brilian.