Sekarang ini, data menjadi hal yang penting di mana menjadi aset penting bagi perusahaan. Karena melalui data kita dapat menggali insight. Dalam membangun sebuah usaha, pengambilan keputusan menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam setiap kegiatan. Sebab dari keputusan itulah menjadi ujung tombak dari suatu usaha, dimana dapat membantu perusahaan untuk mencapai keunggulan dalam bersaing. Oleh karena itu, data yang valid dan reliable sangat diperlukan oleh perusahaan untuk mendukung proses pengambilan keputusan.

Walaupun memiliki segudang data, namun jika kita tidak memiliki kemampuan dalam mengolah data tersebut menjadi sebuah insight maka data itu akan menjadi sia-sia. Insight adalah sebuah nilai hasil dari penemuan pola dan tren yang diperoleh dari data yang terkumpul (analisis), sehingga dapat dijadikan sebuah tujuan, acuan, ataupun data yang dapat dipercaya. Insight dapat digunakan untuk mengembangkan usaha kita, selagi kita mencari berbagai kesempatan dan peluang. Selain itu juga, insight dari data dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menguji variasi baru yang dapat melahirkan sebuah inovasi dan mengoptimalkan kualitas perusahaan dalam hal meningkatkan layanan dan penjualan.

Dalam membahas insight, ada juga yang disebut dengan consumer insight. Consumer insight adalah upaya untuk menggali lebih jauh profile ataupun persona dari konsumen kita. Selain itu, consumer insight dapat juga digunakan untuk menguji hasil kreativitas pengembangan produk atau layanan agar lebih mendekati kebutuhan konsumen.  Consumer insi dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran dan komunikasi iklan atas produk atau layanan yang telah dikembangkan. Selain itu, consumer insight juga digunakan untuk mendapatkan data statistik existing konsumen dalam rangka mengenali segmen konsumen pengguna produk atau layanan yang telah dipasarkan.

Lima komponen dasar consumer insight:

  1. Pengumpulan Data.

Data-data yang dikumpulkan berupa informasi mengenai hal-hal yang paling diinginkan konsumen dari sebuah produk atau layanan. Data-data tersebut penting untuk dilihat insight-nya.

  1. Analisis Data.

Data-data yang telah dikumpulkan dan disusun, diteliti untuk melihat hal apa yang paling dibutuhkan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil langkah yang tepat dan efektif.

Dengan melakukan optimalisasi, berarti perusahaan telah berupaya dalam mewujudkan insight yang diharapkan.

 

  1. Manajemen Kampanye.

Manajemen kampanye merupakan proses untuk mempromosikan produk ataupun layanan, dengan berisikan pesan dari consumer insight produk atau layanan tersebut.

Identitas utama yang terus dibawa meskipun produk atau layanan berdasarkan atau berasal dari consumer insight.

Lima komponen dasar tersebut berfungsi agar perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk mendapatkan suatu respon yang diharapkan.

 

Referensi :

http://crocodic.com/pahami-perbedaan-data-analisis-dan-insight-untuk-pengembangan-aplikasi-mobile-anda/

https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://www.thinkwithgoogle.com/marketing-resources/data-measurement/data-to-insights-blueprint-for-your-business/&prev=search

https://jojonomic.com/blog/consumer-insight/

 

Raquella Juvabel – 2301886361