#dirumahaja

Oleh Ratna Amalia

Selama pandemi Covid 19 ini kita diharuskan untuk melakukan segala sesuatu di rumah. Bagi mahasiswa-mahasiswa perantauan juga sebaiknya tidak pulang ke kampung halaman dan melakukan semua kegiatan dikosannya masing-masing. Walalupun kampanye #dirumahaja yang digalakan oleh pemerintah dan seluruh dunia ini terus disuarakan tetapi kita tidak boleh bermalas-malasan dan hanya berdiam diri. Kita harus tetap produktif. Salah satunya adalah dengan membuat konten kreatif. Konten kreatif bisa berguna untuk apapun salah satunya untuk berbisnis.

Bagi orang-orang yang memiliki bisnis, pandemik ini adalah cobaan besar. Semua orang terdampak, banyak pekerja di rumahkan, toko dan mall tutup, kios pinggir jalan sepi pembeli, bahkan pabrik-pabrik banyak yang berhenti beroprasi. Maka salah satu solusinya adalah berjualan online (daring). Memang berjualan secara online ini sudah menjadi hal yang sangat lumrah dalam dunia bisnis sejak bertahun-tahun yang lalu namun ditengah pandemi ini penjualan secara online menjadi jalan satu-satunya.

Untuk mebuat iklan kreatif kita bisa melakukannya sendiri atau bersama dengan keluarga di rumah, dan juga bisa bersama teman di kos. Kita juga tidak harus memakai kamera mahal, kita bisa memakai kamera hp dan memakai cahaya matahari agar hambar bisa terlihat jelas. Konten yang menarik adalah konten yang bercerita. Jika hasil akhir berupa foto maka kita bisa menambahkan sedikit penjelasan pada poster tersebut atau keterangan di luar poster. Jika ingin sesuatu yang lebih menarik makan konten berbentuk video bisa menjadi alternatif. Banyak teknik yang bisa dicoba diantaranya menggunakan manusia sebagai model, teknik animasi vektor, atau menggunakan stop motion.

Kegiatan membuat konten kreatif

Sumber: Instagram @aulion

 

Menurut portal idntimes, stop motion adalah salah satu pembuatan video atau film dengan menggunakan ratusan bahkan jutaan foto dengan slideshow berkecepatan tinggi.  Alat dan bahan yang digunakan bisa beraneka macam. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita tidak perlu memakai kamera mahal, bisa memakai kamera handphone. Untuk mendapatkan cahaya yang baik, jika tidak memliki lighting profesional, bisa menggunakan cahaya lampu ruangan atau cahaya matahari. Bahan-bahan lain yang perlukan tergantung dari ide setiap orang. Seperti contoh gambar yang diberikan, kita bisa memakai bahan-bahan sederhana seperti kertas dan alat warna. Kita bisa berkreasi sebebas-bebasnya dengan menggambarkan atau menuliskan kata-kata sesuai dengan konsep yang telah direncanakan sebelumnya. Tentunya alat dan bahan ini sangat mudah didapatkan di rumah. Banyaknya frame, seberapa cepat pergerakan, dan lamanya durasi video tergantung juga pada konsep dan kebutuhan. Jika ingin bergerak sangat detail dan durasi yang panjang maka dibutuhkan frame yang sangat banyak.

 

Salah satu contoh stop motion sederhana yang diunggah di Instagram

Sumber: Instagram @aulion

 

Dengan berkegiatan positif seperti membuat iklan kreatif dari konten yang menarik, diharapkan kita bisa terus produktif ditengah pandemi ini. Hari-hari yang diisi dengan kesibukan bermanfaat memiliki harapan terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang membuat imunitas menurun. Semoga dengan membuat iklan kreatif berupa video stop motion, kita bisa lebih banyak belajar tentang desain dan proses kreatif, dan juga bisa mempertahankan bisnis yang sekarang sedang mengalami cobaan yang cukup berat.