Riset pemasaran atau marketing research merupakan “sebuah proses untuk pengumpulan segala informasi yang berhubungan dengan pemasaran yang nantinya informasi tersebut akan digunakan untuk dapat :

  1. Meningkatkan peluang bisnis.
  2. Memperbaiki sekaligus memantau kinerja pemasaran.
  3. Mengatasi berbagai permasalahan yang nantinya akan muncul.

Riset pemasaran adalah mengerucutkan segala informasi penting agar dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan, bagaimana untuk mendesain metode pengumpulan segala informasi, mengelola dan menerapkan proses-proses pengumpulan data, analisis hasil dan untuk mengungkapkan temuan dan menyimpulkannya.

Marketing research secara sistematis akan melakukan pengumpulan, pencatatan, dan analisis tentang data kualitatif dan kuantitatif tentang berbagai isu-isu yang berhubungan dengan produk-produk dan jasa pemasaran. Tujuan utama dari riset pemasaran (marketing research) adalah untuk mengidentifikasi dan membantu bagaimana dalam mengubah elemen dalam marketing mix agar mampu langsung berdampak terhadap para pelanggan.

Informasi yang diperoleh dari riset pemasaran ini sangatlah penting dan bisa menjadikan strategi bagi anda pada bisnis yang akan anda masuki. Berikut ini adalah manfaat dari riset pemasaran yang bisa anda dapatkan.

  1. Adanya komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Dengan melakukan market research maka akan terjadi komunikasi dengan pelanggan kita sehingga kita bisa mengetahui apa yang pelanggan kita inginkan kedepannya.
  2. Menemukan kompromi. Hal ini sangat penting untuk membangun persepsi dan posisi anda di pasar. Kompromi juga bisa dilakukan dengan pesaing maupu calon pelanggan.
  3. Meminimalkan resiko. Resiko yang akan diterima akan sedikit bahkan menghilang karena hasil dari Market Research dapat memperbaiki keputusan menjadi lebih baik.
  4. Membangun posisi di pasar. Melakukan Market Research dapat membantu anda untuk menemukan posisi yang cocok bagi anda di pasar yang tentunya harus didukung oleh sumber daya yang memadai.
  5. Mengidentifikasi masalah. Market Research dapat membantu mengidentifikasi masalah yang akan terjadi sehingga kita dapat mempersiapkan tindakan pencegahan.
  6. Merencanakan ke depan lebih baik sehingga bisa memperoleh keuntungan yang lebih maksimal dari sebelumnya.
  7. Membantu membangun tren. Jika melakukan Market Research secara berkala maka anda dapat menciptakan tren di pasar.
  8. Mengukur reputasi. Market Research dapat mengukur reputasi anda di pasar sehingga jika ada masalah dengan hal tersebut maka anda bisa memperbaiki reputasi anda di mata konsumen maupun pesaing.
  9. Dapat menentukan produk mana yang lebih menjanjikan untuk dipasarkan secara besar- besaran sehingga memperoleh untung yang besar.
  10. Terakhir, menentukan peluang pemasaran dengan bisa menentukan sasaran penjualan produk.

 

Evan Farrell Haryanto
LA02
2301851276