Livia Novaradiska

2301873882

LA02

 

Marketing research atau riset pemasaran adalah proses mengidentifikasi, mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis data/informasi tentang pemasaran yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefiniskan peluang dan masalah-masalah dalam pasar agar aktivitas pemasaran lebih efektif.

Biasanya penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengumpulan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian.

Peran penting marketing research untuk penjualan adalah untuk menyediakan bagi pihak manajemen dengan berbagai informasi yang benar-benar relevan, akurat, handal, valid, dan paling uptodate.

Tujuan dari riset pemasaran bagi perusahaan :

  • Evaluating :

Riset pemasaran ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Fungsi evaluasi dalam riset pemasaran ini juga termasuk ketika perusahaan ingin melakukan review terhadap brand positioning dibandingkan dengan produk pesaing.

  • Understanding :

Riset pemasaran ini berfungsi untuk menekankan pada tujuan untuk memahami konsumen sebagai salah satu insight atau masukan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan memahami konsumen, perusahaan akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keluhan konsumen. Riset pemasaran yang dilakukan adalah   menggambarkan potret kebiasaan dan perilaku konsumen serta harapan dan keluhan mereka.

  • Predicting :

Fungsi riset pemasaran ini merupakan prediksi yang dilakukan dalam riset pemasaran yang sangat beresiko karena sifatnya sangat relatif. Ketika sebuah brand ingin membidik pasar baru, maka riset pemasaran selalu dijadikan bahan acuan utama.

 

Jenis riset pemasaran berdasarkan tujuannya :

  • Problem Solving Research :

Untuk mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan yang sering terjadi dalam pemasaran. Riset pemasaran jenis ini berorientasi pada masalah pemasaran yang sudah pernah terjadi diidentifikasi dan dievaluasi kembali untuk mendapatkan solusi.

  • Controlling Research :

Untuk pengawasan atau pengendalian proses bisnis serta pemasaran yang sedang terjadi. Riset pemasaran yang dilakukan secara reguler akan mampu menjaga kinerja proses bisnis dan pemasaran.

  • Planning Research :

Untuk mendapatkan informasi sebagai panduan dalam merencanakan kegiatan pemasaran. Sebuah perencanaan bisnis atau pemasaran memerlukan informasi dari riset pemasaran untuk dapat mengukur secara tepat target serta strategi yang akan disusun.

 

Beberapa hal yang umum dilakukan menggunakan riset pemasaran adalah:

  • Customer satisfaction & Loyalty: Untuk mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap merek yang digunakannya dan memahami faktor yang mendasari perasaan dan sikap-sikap pelanggan.
  • Brand performance Research: Untuk mengevaluasi dan mentrack performance merek di pasar, sehingga manajemen dapat menyusun strategi yang tepat untuk mengembangkan kinerja merek.
  • Service Monitoring using Mystery Shopping: Untuk memonitor kualitas layanan cabang dengan cara mengirimkan mystery shopper yang bertugas untuk merekam bentuk-bentuk layanan yang dialami.
  • Pricing Research: Untuk mendapatkan range harga,harga optimal, dan besarnya permintaan (sales) pada setiap harga yang akan diberlakukan.
  • Catchment area & customer profiling research: Untuk memahami lebih baik tentang potensi dan perilaku pelanggan di catchment area maka dapat dikembangkan strategi untuk mengoptimalkan program pemasaran.
  • Brand communication evaluation: Untuk mengevaluasi effektivitas program komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan. dapat mengetahui di tingkat mana sumber permasalahan dari kinerja merek.
  • Market Segmentation: Untuk memahami dan mengeksplorasi pasar.seluruh variabel yang memungkinkan segmentasi diteliti dan secara post-hocdianalisis untuk mencari variabel yang paling significant membagi pasar.
  • Customer Behavior: Untuk memahami pelanggan terutama tentang persepsinya,perasaan dan sikap,maupun intensi dan perilakunya, baik terhadap merek yang diteliti maupun competitor,produk substitusi dan produk complementnya.