Kho, Marcellino. E. H / 2301851811 / LA02

Marketing information system adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan perusahaan yang berkaitan dengan promosi dan pendistribusian barang. Dalam hal ini perusahaan perlu tahu apa produk yang dapat memuaskan customer sehingga mereka mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan customer dan dampak lainnya perusahaan dapat meminimalisir kesalahan dalam pengambilan keputusan. Selain itu, hal ini dilakukan secara rutin karena perusahaan sendiri ingin memantau tingkat keberhasilan pemasaran. Menurut Harmon, Marketing Information System sangat penting karena kekuatan ekonomi bergantung pada layanan dan memahami kebutuhan customer secara spesifik.

Marketing Information System sendiri terdiri dari 4 komponen :

1. Antar muka pengguna

Antar muka digunakan untuk menganalisi system informasi

2. Perangkat lunak aplikasi

Ini untuk digunakan membuat keputusan pemasaran, mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data untuk tujuan mengembangkan informasi yang diperlukan.

3. Pemasaran basis data

Sistem di mana file data pemasaran diatur dan disimpan.

4. Dukungan system

Manajer system yang mengatur untuk memlihara asset seperti perangkat lunak dan keras, memantau kegiatan, dan memastikan kepatuhan terhadapa kenijakan organisasi.

Informasi yang dibutuhkan oleh manajemen pemasaran  berasal dari 3 sumber yaitu

5. Informasi internal perusahaan

Informasi ini biasanya berupa penjualan dari suatu perusahaan, saham, profil pelanggan, dll.

6. Kecerdasan pemasaran

Mencakup tentang semua informasi sehari-hari tentang perkembangan di pasar yang membantu bisnis mempersiapkan dan menyesuaikan rencana pemasaran.

7. Penelitian pasar

Bisnis selalu melakukan riset pasar, karena riset pasar lebih terpercaya dan terbaru.

Baca juga: Brainstorming Dan Mind Mapping Sebagai Bagian Dari Pemecahan Visual

Kelebihan Marketing Information System

  • Penyimpanan data penting
  • Rencana pemasaran yang tepat
  • Data selalu ter up to date
  • Kecepatan dalam memperoleh informasi dan membuat keputusan

Kelemahan Marketing Information System

  • Sulitnya mendapatkan informan
  • Biaya yang mahal saat melakukan riset
  • Banyak informan yang salah dalam riset