Kenapa sih kita melakukan penelitian? Karena kita sebagai manusia memiliki keingintahuan atau curiosity terhadap banyak hal ditambah pengetahuan dan kemampuan kita sangat terbatas dengan lingkungan di luar sana yang begitu luas, banyak hal yang tidak diketahui dan menimbulkan keraguan di dalam diri kita. Pada intinya penelitian sendiri dilakukan untuk memenuhi rasa ingin tahu kita juga memecahkan masalah dan dapat diterima dengan logika.

Hal penting dalam melakukan penelitian adalah interaksi antara kita dengan pihak-pihak yang dibutuhkan dalam penelitian, karena kita mengumpulkan data atau sampel melalui mereka. Etika penelitian memegang peranan penting karena berhubungan dengan tata krama dalam bersosialisasi. Sama halnya dengan pengumpulan data secara tidak langsung atau pustaka, kita membutuhkan sumber atau kutipan data yang kita ambil untuk menghindari penyebutan plagiat. Disinilah pentingnya memperhatikan kode etik dalam melakukan penelitian.

Tentu etika sendiri memiliki beberapa prinsip yang perlu ditekankan, seperti Prinsip menghargai orang lain mulai dari persetujuan untuk dijadikan sampel dan menghargai setiap keputusan mereka juga menjaga kerahasiaan mereka. Etika disini sebenarnya terlihat mudah dilakukan tapi kita sering kali acuh terhadap hal-hal berikut sehingga menimbulkan ketidaknyamanan atau persoalan etika. Maka sebaiknya sebagai peneliti kita perlu menyesuaikan diri serta menerima norma sosial yang ada di masyarakat. Dengan begitu keberhasilan penelitian akan tercapai.

Etika penelitian juga berlaku bagi kita dalam berbisnis agar hubungan dengan orang lain terjamin dan tidak ada yang dirugikan. Beberapa contohnya :

  1. Kepada responden, kita perlu meminta izin dan menjelaskan tujuan dan manfaat dari penelitian tersebut.
  2. Kepada klien, menghargai keinginan klien (tidak ingin identitasnya diketahui).
  3. Kepada asisten peneliti, menugaskan asisten ke tempat yang aman juga memberi fasilitas lain yang membuat asisten merasa aman juga memberi pelatihan.
  4. Dari klien, mungkin terjadi seorang klien menugaskan kita sebagai peneliti untuk mengubah/menghilangkan hasil analisis data yang merugikannya, apabila kita menuruti kemauan mereka maka ini merupakan perilaku tidak etis.

Baca Juga : Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan

Kesimpulannya kita perlu mengedepankan banyak hal sebagai penerapan etika penelitian, yaitu : Kejujuran, integritas keterbukaan, penghargaan hak asasi manusia, penghargaan terhadap kerahasiaan, pembinaan, tanggung jawab, dan mengutamakan keselamatan manusia.