Vern Kurniawan – LA02 – 2301874595

 

Definisi

Marketing intelligence adalah kemampuan organisasi untuk mencari serta mengambil informasi sehari-hari yang jelas dan relevan dengan pasar perusahaan, dikumpulkan dan dianalisis secara khusus untuk tujuan yang akurat dan percaya diri pengambilan keputusan dalam menentukan peluang pasar, strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan metrik. Intelijen pemasaran diperlukan ketika memasuki pasar luar negeri.

Intelijen pemasaran atau market intelligent menentukan kecerdasan yang diperlukan, mengumpulkan dengan lingkungan mencari dan memberikan kepada manajer pemasaran yang membutuhkannya. Perangkat lunak kecerdasan pemasaran dapat digunakan menggunakan on-premises atau perangkat lunak sebagai layanan (SaaS, atau berbasis cloud) model.

Sistem Kerja Marketing Intelligence

Sistem ini mengambil data dari sumber data yang berbeda, seperti analisis web, intelijen bisnis, call center dan data penjualan, yang sering datang laporan terpisah, dan menempatkan mereka ke dalam lingkungan tunggal. Dalam rangka untuk mengumpulkan intelijen pemasaran, manajer pemasaran harus tetap berhubungan dengan buku-buku yang relevan, surat kabar dan publikasi perdagangan.

Berbicara dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pelanggan, distributor dan penambahan suppliers.In itu mereka juga harus memantau media sosial dan melaksanakan diskusi online. Manajer pemasaran dapat merancang laporan yang berhubungan dan memvisualisasikan data yang berasal dari berbagai departemen dan sumber (bahkan, dalam beberapa kasus, data eksternal.)

Hal ini memungkinkan untuk melihat saat indikator kinerja utama secara real time (atau secepat sumber memberikan data) dan menganalisis tren, daripada menunggu untuk analis untuk memberikan laporan berkala.

Sistem market intelligent atau intelijen pemasaran yang dirancang untuk digunakan oleh pihak yang memerlukan seperti manajer pemasaran dan dapat dilihat oleh karyawan di seluruh organisasi sesuai dengan otorisasi yang dimiliki. Sistem yang dikembangkan ini mungkin memiliki antarmuka pengguna yang lebih dekat menyerupai perangkat lunak konsumen dari perangkat lunak sekitar sumber data individu yang dirancang untuk dapat digunakan oleh para analis.

Marketing intelligence atau bisa dikatakan sebagai kecerdasan pemasaran artinya adalah berupa kemampuan dalam hal pengumpulan dan analisis data sebagai salah satu upaya untuk antisipasi yang berhubungan dengan pengambilan keputusan.

Kecerdasan seperti ini memiliki beberapa bagian utama yaitu: kecerdasan pesaing, kecerdasan produk, pemahaman pasar dan juga pemahaman terhadap para pelanggan.

Sebenarnya proses marketing akan berjalan dengan sangat baik apabila dilakukan secara bekerja sama (teamwork). Dengan adanya bantuan dari tim yang sesuai, maka akan didapatkan hasil yang lebih optimal.