Meniru Vietnam Dengan Sterilization Chamber

Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Maraknya penyebaran virus COVID-19 telah menghantui warga diseluruh dunia, terutama Indonesia yang baru-baru ini telah dimasuki oleh virus tersebut dengan data 450 positif (data 22 Maret 2020), banyak alat pencegahan atau pengobatan untuk pendemi tersebut salah satunya menggunakan alat sterilisasi.

Gambar = Sterilization Chamber

(https://vietnamtimes.org.vn/covid-19-mobile-disinfection-chamber-appears-in-vietnam-18428.html)

 

Ruang sterilisasi tubuh menggunakan air garam ion telah dirancang dan diproduksi dengan sukses oleh Institute of Occupational Health and Environment bekerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Hanoi dan sedang diujicobakan di area pemeriksaan medis.

 

Menurut informasi dari Institut Kesehatan dan Lingkungan Kerja (Kementerian Kesehatan), untuk mencegah dan memerangi COVID-19, Institut bekerja sama dengan Universitas Teknologi Hanoi untuk merancang dan memproduksi ruang reduksi yang sukses. Bakteri sistemik menggunakan air garam ionik.

Gambar: Surabaya Mencoba membuat hal yang sama dengan vietnam

(https://surabaya.liputan6.com/read/4207607/risma-bikin-bilik-sterilisasi-contek-vietnam)

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga berupaya mencegah penyebaran virus corona baru yang memicu COVID-19 dengan meniru contoh dari negara Vietnam tersrbut. Salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi untuk menciptakan ruang sterilisasi chamber atau ruang sterilisasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru.

 

Ruang sterilisasi ini mirip seperti yang dibuat oleh Vietnam untuk melawan virus corona baru COVID-19. Adapun cara kerja dari ruang sterilisasi ini adalah menyemprotkan uap uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga terbebas dari virus, bakteri dan kuman.

Gambar =aplikasi Informasi Jawa Barat

(https://www.liputan6.com/regional/read/4207051/mencoba-aplikasi-pikobar-covid-19-jabar-yang-baru-diresmikan-ridwan-kamil)

 

Sedangkan di Jawa Barat sendiri sudah ada rencana dengan membuat berita informasi persebaran penyakit dengan meluncurkan aplikasi PIKOBAR, intinya baik itu menggunakan strelization chamber atau diam dirumah, selama tidak melakukan kontak dengan orang yang terapapar atau menjauhi kerumunan itu yang terbaik untuk kita semua.

 

Referensi:

  1. https://vietnamtimes.org.vn/covid-19-mobile-disinfection-chamber-appears-in-vietnam-18428.html
  2. https://surabaya.liputan6.com/read/4207607/risma-bikin-bilik-sterilisasi-contek-vietnam

https://www.liputan6.com/regional/read/4207051/mencoba-aplikasi-pikobar-covid-19-jabar-yang-baru-diresmikan-ridwan-kamil