IEL University Campus Series Kompetisi Esport Universitas yang menjanjikan masa depan Gamers

Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Dahulu permainan game hanya digunakan untuk kesenangan semata tidak lebih, dan kebanyakan orang yang bermain game hanya akan di cap tidak memiliki masa depan, sekarang sudah banyak kompetisi-kompetisi dimana setiap orang dapat mendapatkan penghasilan dari kompetisi kompetisi tersebut, salah satunya adalah IEL.

Gambar (logo IEL)

(https://www.esportsleague.id/)

Merupakan series kejuaran esports antar Universitas se-Indonesia yang diikuti oleh beberapa universitas ternama tanah air, dimana dipertandingan berbagai macam esports game seperti DOTA2 dan Free Fire. Untuk Dota sendiri diikuti oleh :

Gambar = Kontestan DOTA 2

(https://www.esportsleague.id/event)

Terdapat 12 Universitas yang memperebutkan hadiah yang cukup besar, BINUS sendiri pada session sebelumnya berhasil menang juara 1 pada session sebelumnya pada DOTA 2, di final BINUS mengalahkan UMN dengan score 2-0

Gambar = Final Dota session 1

(https://www.esportsleague.id/season1)

Esports merupakan salah satu industri yang sedang berkembang pesat di Indonesia saat ini. Konsekuensinya, banyak orang mulai tertarik terjun kedalamnya. Gaji besar dan karier cemerlang menjadi daya tarik dunia ini. Beberapa pekerjaan tersedia diantaranya menjadi pemain profesional, pelatih, caster hingga analis.

Pada Campus Seminar IEL University Series salah satu kampus swasta . Rabu (28/3), Kido, pemain profesional tim Louvre mengatakan jika berkarier di dunia esport Indonesia cukup menjanjikan. Ditanya terkait penghasilan yang bisa diterima, Kido mengatakan sangat cukup untuk menutup biaya hidup sehari-hari. “Bisa dibilang setara dengan gaji manager, lah,” ujarnya.

Di acara yang sama, Farand Koala, pelatih tim Rex Regum Qeon (RRQ) mengatakan jika industri esports Indonesia semakin dewasa. Dari kompetisi dan turnamen esports, pemain dan tim bisa mendapatkan ratusan hingga miliaran rupiah.

Referensi:

  1. https://www.esportsleague.id/season1
  2. https://www.esportsleague.id/event
  3. https://www.esportsleague.id/
  4. https://www.esportsleague.id/read/044592/karier-menjanjikan-di-dunia-esports