Seluruh dunia sedang merasakan dampak dari penyebaran virus COVID-19. Meskipun demikian, kegiatan belajar dan pengajaran harus tetap berjalan, dan disikapi dengan cara belajar dengan menggunakan cara online.

Setiap kampus dan sekolah miliki caranya masing-masing dalam memilih aplikasi untuk belajar online. Berbagai macam jenis aplikasi tersedia dan dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa dan dosen, atau guru dan siswa. Proses belajar tetap berjalan dengan baik dan sesuai, menjadi cara yang unik akibat situasi ini, khususnya bagi siswa atau mahasiswa, bagi orang-orang yang berada di lingkungan pendidikan atau di Institusi Pendidikan.

Di Program Studi  Desain Komunikasi Visual, mahasiswa dan dosen sudah menjalankan pembelajaran online ini sejak 18 Maret 2020. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tindakan preventif meminimalisir penyebaran virus COVID-19 dengan cara belajar dari rumah dan social distancing.

BINUS juga sudah menyediakan forum dan platform sendiri untuk belajar online. Sehingga mahasiswa tidak terlalu merasa asing untuk melakukan perkuliahan online ini. Namun, dengan kondisi sekarang, pasti dibutuhkan fitur-fitur yang lebih aktif seperti aplikasi yang membutuhkan fitur untuk menggambar secara digital, integrasi files, dan lain sebagainya.

 

Mahasiswa dan Dosen di Prodi DKV, sudah melakukan aktivitas perkuliahan online ini, dan efektif, juga ringkas. Situasi dan perkuliahan online ini, di Prodi DKV, tidak membuat semangat mahasiswa pupus. Mahasiswa selalu rajin untuk melakukan proses asistensi dan diskusi dalam grup per-mata kuliah yang sudah dibentuk bersama, di luar platform yang sudah disediakan BINUS.

Berkarya dengan digital atau kombinasi menjadi inovasi tersendiri bagi mahasiswa Prodi DKV BINUS Bandung. Bahan-bahan dan project yang sebelumnya harus dilakukan di bengkel atau di Lab, dengan situasi seperti sekarang, dicari penggantinya untuk bahan tersebut, namun tidak mengubah Learning Outcome dari mata kuliahnya.

 

Semoga situasi sekarang segera berakhir, sehingga kita semua dapat kembali berkarya hebat dan berdampak.

Foto : Dokumen pribadi dari Screenshot Kegiatan Perkuliahan Online