Fungsi-fungsi dasar Menggunakan Scratch
Oleh = Mochammad Haldi Widianto
Gambar = logo Scratch
Pengertian Scratch
Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dirancang untuk memudahkan anak-anak dan pemula dalam belajar pemrograman. Dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab, Scratch memungkinkan pengguna untuk membuat proyek interaktif seperti animasi, permainan, dan cerita dengan menyusun blok-blok perintah secara intuitif. Antarmuka yang ramah dan metode drag-and-drop membuat Scratch sangat accessible bagi semua kalangan, menjadikannya alat yang populer di bidang pendidikan untuk mengenalkan konsep-konsep dasar pemrograman dan mengembangkan kreativitas serta kemampuan logika pada penggunanya.
Untuk menjalankan program ini tidak dibatasi dengan spesifikasi kompute/laptop. Sehingga bagaimana kondisinya laptop dan komputer dapat menjalankan program ini dengan baik. Keuntungan aplikasi ini dapat menggambar dan membuat permainan secara bersamaan, berikut merupakan gambar penjelasan fungsi menggambar di Scratch:
Gambar : Drawing Scratch
Dan untuk mengoperasikan pemprograming coding dapat dilakukan dengan sangat mudah seperti pada gambar berikut:
Gambar : Penjelasan blok kode pada scratch
Mengenal Antarmuka Scratch
Antarmuka Scratch terdiri dari beberapa bagian utama:
- Stage (Panggung): Tempat di mana semua aksi dan animasi berlangsung.
- Sprite (Karakter): Objek yang dapat diprogram untuk bergerak, berubah, dan berinteraksi.
- Blocks Palette (Palet Blok): Kumpulan blok perintah yang dapat diseret dan dijatuhkan untuk membuat skrip.
- Scripts Area (Area Skrip): Tempat di mana blok-blok perintah disusun menjadi skrip untuk mengendalikan sprite.
Fungsi-fungsi Dasar Scratch
Motion (Gerakan) Fungsi motion digunakan untuk menggerakkan sprite di panggung. Beberapa blok perintah gerakan yang umum digunakan adalah:
Move (Bergerak): Menggerakkan sprite sejauh yang ditentukan dalam langkah.
block
Salin kode
move (10) steps
Turn (Berputar): Memutar sprite searah jarum jam atau berlawanan sejauh yang ditentukan dalam derajat.
block
Salin kode
turn cw (15) degrees
turn ccw (15) degrees
Go to (Pergi ke): Menggerakkan sprite ke posisi x, y tertentu atau ke sprite lain.
block
Salin kode
go to x: (0) y: (0)
go to [mouse-pointer v]
Looks (Tampilan) Fungsi looks mengubah tampilan sprite atau panggung. Beberapa blok perintah tampilan yang sering digunakan adalah:
Say (Bicara): Membuat sprite menampilkan teks seperti dialog.
block
Salin kode
say [Hello!] for (2) seconds
say [Hello!]
Switch Costume (Ganti Kostum): Mengubah kostum sprite untuk membuat animasi.
block
Salin kode
switch costume to [costume2 v]
Change Size (Ubah Ukuran): Mengubah ukuran sprite.
block
Salin kode
change size by (10)
set size to (100) %
Sound (Suara) Fungsi sound digunakan untuk menambahkan dan mengontrol suara dalam proyek. Beberapa blok perintah suara yang umum digunakan adalah:
Play Sound (Mainkan Suara): Memainkan suara yang dipilih.
block
Salin kode
play sound [meow v]
Start Sound (Mulai Suara): Memulai suara yang dipilih, tanpa menunggu hingga selesai.
block
Salin kode
start sound [meow v]
Stop All Sounds (Hentikan Semua Suara): Menghentikan semua suara yang sedang dimainkan.
block
Salin kode
stop all sounds
Events (Acara) Fungsi events digunakan untuk memulai skrip berdasarkan kejadian tertentu. Beberapa blok perintah acara yang sering digunakan adalah:
When Green Flag Clicked (Ketika Bendera Hijau Diklik): Memulai skrip saat bendera hijau diklik.
block
Salin kode
when green flag clicked
When Key Pressed (Ketika Tombol Ditekan): Memulai skrip saat tombol tertentu pada keyboard ditekan.
block
Salin kode
when [space v] key pressed
When Sprite Clicked (Ketika Sprite Diklik): Memulai skrip saat sprite diklik.
block
Salin kode
when this sprite clicked
Control (Kontrol) Fungsi control mengatur alur eksekusi skrip. Beberapa blok perintah kontrol yang umum digunakan adalah:
Wait (Tunggu): Menunggu selama waktu yang ditentukan sebelum melanjutkan skrip.
block
Salin kode
wait (1) seconds
Repeat (Ulangi): Mengulangi skrip sejumlah waktu yang ditentukan.
block
Salin kode
repeat (10)
Forever (Selamanya): Mengulangi skrip tanpa henti.
block
Salin kode
forever
Sensing (Penginderaan) Fungsi sensing memungkinkan sprite untuk merespon interaksi pengguna atau perubahan dalam proyek. Beberapa blok perintah penginderaan yang sering digunakan adalah:
Touching (Menyentuh): Memeriksa apakah sprite menyentuh objek tertentu.
block
Salin kode
touching [mouse-pointer v]?
Ask and Wait (Tanya dan Tunggu): Menampilkan prompt untuk pengguna memasukkan teks.
block
Salin kode
ask [What’s your name?] and wait
Mouse X (Posisi X Mouse): Mengembalikan posisi x kursor mouse.
block
Salin kode
mouse x
Operators (Operator) Fungsi operators digunakan untuk melakukan operasi matematika dan logika. Beberapa blok perintah operator yang umum digunakan adalah:
Add (Tambah): Menambahkan dua angka.
block
Salin kode
(5) + (2)
Subtract (Kurang): Mengurangi satu angka dari angka lainnya.
block
Salin kode
(5) – (2)
Greater Than (Lebih Besar Dari): Memeriksa apakah satu angka lebih besar dari angka lainnya.
block
Salin kode
(5) > (2)
Contoh Proyek Sederhana Menggunakan Fungsi Dasar Scratch
Untuk memahami lebih lanjut penggunaan fungsi dasar Scratch, berikut adalah contoh proyek sederhana: Membuat sprite bergerak dan berubah warna saat diklik.
Menyiapkan Sprite dan Panggung
- Buka Scratch dan pilih sprite yang akan digunakan.
- Tambahkan latar belakang pada panggung sesuai keinginan.
Menggerakkan Sprite
Gunakan blok perintah gerakan untuk membuat sprite bergerak.
block
Salin kode
when green flag clicked
forever
move (10) steps
if on edge, bounce
Mengubah Warna Sprite Saat Diklik
Gunakan blok perintah tampilan dan acara untuk mengubah warna sprite saat diklik.
block
Salin kode
when this sprite clicked
change color effect by (25)
Menambahkan Suara
Tambahkan blok perintah suara untuk memainkan suara saat sprite diklik.
block
Salin kode
when this sprite clicked
play sound [pop v]
Agar App Investor dapat digunakan di komputer/laptop kalian secara offline sangat mudah sekali:
Kunjungi situs ini:
https://scratch.mit.edu/download
h
Referensi:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Scratch_(bahasa_pemrograman)
2. https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FScratch_(bahasa_pemrograman)&psig=AOvVaw2SHtKx8L3GZJdBv2ED6Z9L&ust=1581051154487000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCIjF_NuQvOcCFQAAAAAdAAAAABAD
Comments :