Cara Melakukan Instalasi OpenCV yang Terintegrasi dengan Python 3.7 di Windows 10

Artikel berikut akan memberikan Cara Melakukan Instalasi OpenCV yang Terintegrasi dengan Python 3.7 di Windows 10. Open Source Computer Vision atau yang dikenal dengan OpenCV merupakan salah satu library yang digunakan pada ilmu tentang Computer Vision. Sesuai dengan namanya yaitu open source, library ini bersifat gratis untuk digunakan alias tidak berbayar. Computer Vision sendiri adalah teknik yang diterapkan pada komputer agar mesin (komputer) dapat melakukan proses ekstraksi dari gambar atau video selayaknya manusia mengenali objek dari gambar/video tersebut. Library OpenCV dapat digunakan pada berbagai Bahasa pemrograman seperti C, C++, Java dan Python, selain itu dapat diimplementasikan pada beberapa platform seperti Windows, iOS dan Android.

Versi terkini OpenCV adalah 4.2.0 yang direlease tanggal 23 desember 2019. Artikel berikut akan memberikan langkah-demi langkah cara instalasi OpenCV di Windows 10 yang terintegrasi dengan Bahasa pemrograman Python. Versi yang akan diinstall bukan versi terakhir akan tetapi versi yang sudah disiapkan untuk dapat berjalan di Windows10 yaitu OpenCV 4.1.2.

Sebelum melakukan instalasi OpenCV di Windows 10, beberapa software / program harus diinstall terlebih dahulu seperti Python3.7 dan pip. Diasumsikan bahwa kedua program tersebut sudah terinstall di komputer Anda, berikut langkah-langkah instalasi OpenCV di Windows10:

  1. Jalankan command prompt (cmd) sebagai administrator
  2. Pastikan python sudah terinstall, jika sudah keluar dari python editor

3. Pastikan pip sudah terinstall versi terkini (saat artikel ini ditulis versi terkini adalah 19.3.1), jika belum versi terkini, ketikkan perintah python -m pip install –upgrade pip

4. Install numpy sebagai requirement untuk menginstall OpenCV dengan mengetikkan perintah pip install numpy

5. Ketikkan perintah berikut untuk proses instalasi OpenCV di Windows 10 : pip install opencv-contrib-python-headless

6. Cek apakah OpenCV sudah terinstall dan terintegrasi dengan Python dengan mengikuti perintah berikut:

python

import cv2

cv2.__version__ (garis bawah merupakan underscore 2 kali)

Demikianlah step by step proses instalasi OpenCV di Windows 10 yang terintegrasi dengan Python 3.7. Semoga bermanfaat 🙂

Bobsis – 2020