Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Unreal Engine merupakan Game Engine yang dikembangkan oleh Epic Game, Unreal Engine pertama kali muncul pada tahun 1998 dengan game FPS nya yang berjudul Unreal. Pada awal kemunculannya Unreal Engine menggunakan bahasa pemrograman C++. Tapi ketika pertama kali dirilis, kemampuan engine ini masih belum stabil hingga akhirnya diluncurkanlah Unreal Engine Tournament di tahun 2000 atau sekitar 19 tahun yang lalu.

Gambar 1. Unreal Game

Unreal Engine 3 dipresentasikan di tahun 2004 dan dikembangkan selama lebih dari 18 bulan. Unreal Engine 3 berbeda dari pendahulunya karena engine yang satu ini dirancang untuk memanfaatkan shader dari hardware yang sepenuhnya bisa diprogram. Game pertama yang menggunakan Unreal Engine 3 adalah Gears of War yang rilis di Xbox 360 plus RoboBlitz yang dirilis di PC. Kedua game ini sama-sama dirilis pada November 2006.

Unity 3D pertama kali dirilis pada saat acara Apple’s Worldwide Developers Conference di tahun 2005. Pada versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform yang juga dapat dijalankan pada Windows OS dan bahkan Linux OS.

Pada dasarnya, Unity 3D merupakan game engine yang berbasis 3D. Tetapi Unity juga bisa dalam membentuk game 2D. Unity menggunakan sistem navigasi bebas dalam pembuatan game, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk melihat setiap sisi 3D dalam pembuatan objek. Sama halnya seperti menggunakan Blender 3D.

Game engine Unity mendukung beberapa bahasa pengembangan aplikasi seperti C#, UnityScript (berbentuk JavaScript), dan BooScript yang dapat terintegrasi dengan bahasa Python. Namun dari ketiga bahasa tersebut biasanya pengembang aplikasi banyak yang menggunakan C#, dan UnityScript karena keduanya lebih familiar digunakan.

Gambar 2. Unity Engine

Perbandingan yang harus digunakan dalam membuat game

  1. Harga
  2. Grafis
  3. Pemprograman

Referensi

  1. https://www.gimbot.com/mengebal-lebih-dekat-unreal-engine/
  2. https://teknojurnal.com/unity/
  3. https://mediaformasi.com/2018/06/unreal-engine-atau-unity/