TREND NANO AQUASCAPE DI TENGAH KAUM URBAN

Oleh : Ary Azarya Amgra – 2201776703

Apabila mendengar kata aquascape, banyak orang dengan mudahnya mengasosiasikannya dengan aquarium atau ikan hias. Namun, apabila dilihat secara mendalam aquascape lebih dari sekedar aquarium, aquascape sendiri merupakan seni tata “interior” ekosistem di dalam aquarium yang melibatkan baik itu mahluk hidup ataupun mati (bebatuan, kerikil, pasir, tanah, dan lain sebagainya). Semua itu menjadi satu kesatuan yang utuh dan disebut dengan aquascape. Aquascape di tiap negara memiliki corak yang berbeda sesuai dengan kondisi serta struktur geografis masing-masing. Contohnya, Jepang terkenal dengan Iwagumi style yang mementingan estetika penataan ruang dengan dominasi tanaman hijau air tawar. Contoh lainnya adalah Belanda yang identik dengan bunga khas Belanda, Tulip, yang kemudian diadopsi pada tema aquascape di sana yaitu perpaduan ragam warna tanaman hias sehingga nampak mirip dengan perkebunan bunga.

Figure 1 (trend aquascape di Indonesia)

Di Indonesia sendiri aquascape menunjukkan perkembangan tren yang positif sejak lima tahun terakhir. Aquascape mulai dikenal luas dan bukan hanya untuk kaum menengah ke atas. Bahkan, beberapa toko di Indonesia sudah menjadi distributor resmi produk untuk kebutuhan aquascape yang berasal dari Jepang dan merupakan salah satu perusahaan yang memperkenalkan aquascape ke seluruh dunia. Di pulau Jawa, bisnis aquascape di kota besar seperti Jakarta sudah menjadi sumber penghasil uang yang pesat bagi kolektor atau pengusaha yang menggunakan ilmu creativepreneurship. Revenue streams bukan hanya dari membuat desain aquascape tapi juga dari penjualan tanaman hias air tawar yang dibudidayakan sendiri. Peluang usahanya besar dan luas karena sangat berkaitan erat dengan ekonomi kreatif.

Memasuki tahun 2020 konsep minimalis mulai merambah tidak hanya pada properti atau arsitektur semata, tapi juga pada aquascape, yang mengedepankan estetika, fungsi, dan kesederhanaan. Oleh karena itu nano aquascape yang berarti kecil (di bawah 25 liter) mulai banyak dikembangkan sehingga dapat menjadi pemanis ruang (meja kerja, meja rektorat, sudut coffe shop, sisi kamar tidur), penenang & pereda stress.

Figure 2 (nano aquascape)

Ketiga foto di atas merupakan dokumentasi amgra.aquascape pada saat manawa festival 2019

Bagi rekan-rekan yang tertarik untuk melihat bentuk dari aquascape atau mungkin mencari ide dapat berkunjung ke official Instagram profile kami di bawah ini :

https://www.instagram.com/amgra.aquascape/?hl=id

 

Referensi :

https://trends.google.co.id/trends/explore?date=all&geo=ID&q=aquascape

https://www.adana.co.jp/en/