Dalam membangun suatu bisnis, pengelolaan keuangan atau financial management tentunya sangat diperlukan dan penting bagi kelangsungan bisnis. Financial management adalah tentang bagaimana cara kita memanage keuangan dalam perusahaan. Kita harus bisa membuat laporan keuangan, mulai dari income statement, balance sheet, hingga statement of cash flow dengan detail dan seteliti mungkin agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal bagi perusahaan. Bagi bisnis start-up, dibutuhkan modal yang cukup besar untuk menjalankan bisnis serta melakukan promosi, sehingga diperlukan pencatatan laporan keuangan awal yang tepat agar tidak terjadi kerugian yang besar di tahap awal berjalannya bisnis tersebut.

Jika modal awal yang dibutuhkan cukup besar, bisnis start-up dapat “menjual” ide atau rencana bisnisnya kepada pihak investor yang memungkinkan mereka untuk memberikan suntikan dana yang dibutuhkan. Agar para investor tertarik dengan bisnis mereka, tentunya diperlukan suatu proposal penawaran yang menguntungkan para investor. Contohnya seperti, bisnis agensi di Korea Selatan yang saat ini banyak digandrungi oleh para kaum muda. Untuk membangun bisnis di industri tersebut dan mendapatkan investor, founder sebuah agensi harus bisa menjamin bahwa debut calon artis atau group mereka akan digemari masyarkat serta membawa keuntungan yang besar bagi kedua belah pihak. Jika mereka tidak dapat melakukan hal tersebut, tentunya para investor akan menarik investasi mereka dan beralih pada agensi besar yang membawa banyak keuntungan.

Mengelola keuangan dalam perusahaan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jika diperlukan, kita juga dapat menyewa jasa akuntan professional yang terpercaya untuk membantu kita dalam memonitor keuangan perusahaan. Financial management merupakan bagian yang vital dari sebuah perusahaan. Ketika kita−sebagai owner−lengah sedikit saja, tentu sangat memungkinkan jika tiba-tiba usaha yang kita bangun gulung tikar dalam sekejap karena kecerobohan dalam mengatur keuangan perusahaan. Oleh karena itu, kita harus benar-benar paham mengenai materi dasar mengenai pembelajaran financial management, sehingga kita dapat menerapkan ilmu tersebut dalam bisnis di masa depan nanti.