Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Kepanjangan “G” dalam teknologi 3G, 4G, dan 5G adalah “generation”. Sehingga 5G artinya adalah teknologi jaringan generasi kelima. Teknologi 5G, data akan dikirimkan melalui gelombang radio. Gelombang radio akan terbagi menjadi frekuensi-frekuensi yang berbeda.  Setiap frekuensi disiapkan untuk tipe komunikasi yang berbeda, seperti aeronautical dan sinyal navigasi maritim, siaran televisi, dan sinyal pada mobile data.

Sejauh ini, yang diketahui adalah 5G akan menyediakan koneksi lebih cepat, cerdas, dan lebih hemat energi ketimbang 4G.

Gambar 1. Perkembangan generasi

Sumber (http://arryyuliarman.blogspot.com/2016/06/jaringan-5g.html)

Karena kecepatannya yang tinggi, Tim Baxter, CEO Samsung Electronics Amerika Utara, mengatakan “5G akan membuat [kabel] fiber [optik] terpasang di saku tiap orang.” Kecepatan 5G dan Generasi Sebelumnya 5G diklaim, dan sudah seharusnya, memiliki kecepatan paling tinggi dibandingkan “G” yang lain

5G. Dengan kecepatan lebih dari 1 Gbps, file film berukuran 1GB seharusnya hanya perlu waktu sekedipan mata sampai selesai diunduh. Uji coba infrastruktur 5G yang dilakukan SK Telecom dan KOTSA di Korea, misalnya, mencatat waktu unduh berkas sebesar 1 GB adalah 0,4 detik.

Gambar 2 Perbedaan kecepatan antara generasi

Sumber(https://tirto.id/apa-beda-5g-dengan-teknologi-generasi-sebelumnya-cDaW)

Filipina sah menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menggulirkan layanan 5G bagi warganya secara luas. Hal ini dilakukan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di sana, yakni Globe Telecom. Huawei menjadi sosok yang menyediakan infrastruktur teknologi jaringan generasi kelima itu di Filipina. Hal tersebut diungkapkan oleh Alberto Lara Savar, Chief Busines Officer Globe Telecom.

Untuk tahap awal, Globe Telecom akan mengimplementasikan 5G ini untuk layanan broadband di rumah dan kantor. Pihaknya mengklaim bahwa teknologi 5G ini dapat menambah kecepatan transmisi di sana hingga 100Mbps, sebagaimana detikINET kutip dari Xinhua News Agency, Jumat (21/6/2019).

Jadi kapan Indonesia akan menerapkan teknologi ini???

Referensi

  1. http://arryyuliarman.blogspot.com/2016/06/jaringan-5g.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/5G
  3. https://tirto.id/apa-beda-5g-dengan-teknologi-generasi-sebelumnya-cDaW
  4. https://inet.detik.com/telecommunication/d-4594890/ini-negara-asia-tenggara-pertama-yang-gulirkan-5g