Pernahkah anda membayangkan bahwa suatu sumberdaya yang berlimpah di Indonesia ini dijadikan suatu bisnis yang bernilai bisa mencapai milyaran rupiah? PT. Aqua Golden Mississippi adalah salah perusahaan yang berhasil melihat peluang bahwa sumberdaya air dapat dijadikan suatu bisnis yang menjanjikan. Aqua adalah merek dagang sebuah minuman dalam kemasan yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973.Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Aqua saat ini menjadi market leader dalam minuman air dalam kemasan. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua bukan hanya sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia tetapi juga berhasil mengubah pola pikir masyarakat melalui strategi promosi dan pemasaran yang gencar dan tepat. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, menjadi sponsor pada berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas. Berikut ini merupakan siklus hidup dsari produk Aqua

  1. Tahap pengenalan / Introduction

Aqua group didirikan oleh Tirto Utomo, warga asli Wonosobo. Tahun 1973 Tirto ingin menciptakan air mineral yang higenis karena pengalaman buruknya menjamu tamu dari Amerika Serikat menggunakan air rebusan. Pada awal berdirinya aqua, kemasan produk ini menggunakan botol kaca. Sejak tahun 1998, aqua sudah dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Perancis, yakni Grup Danone.

  1. Tahap pertumbuhan / Growth

Pada tahun 1984, pabrik aqua kedua didirikan di Pandaan, Jawa Timur. Pada tahun 1995 aqua berhasil menjadi pabrik air mineral higenis pertama di Indonesia dengan system produksi in-line. Tahun 1998, karena ketatnya persaingan saham aqua dijual pada Grup Danone. Tahun 2001 aqua menang dalam ajang Indonesia Best Brand Award. Tahun 2003 aqua membuka pabrik baru di Klaten.

  1. Tahap kedewasaan / Maturity

Untuk menghadapi ketatnya persaingan air mineral dengan merek-merek lain di Indonesia, pada tahun 2004 aqua meluncurkan varian baru Aqua Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Lalu aqua juga meluncurkan Mizone yang merupakan merek minuman isotonik bernutrisi.

  1. Tahap penurunan / Decline

Pada tahun 2000-an produk air mineral di Indonesia mulai bermunculan dengan berbagai merek. Ini merupakan ancaman tersendiri bagi Aqua sebagai salah satu produk air mineral tertua sekaligus pelopor di Indonesia. Salah satu bukti persaingan antar produk air mineral adalah persaingan harga. Rata-rata merek-merek air mineral pesaing aqua memiliki harganya yang lebih murah dibandingkan aqua. Hal ini tidak dapat dipandang sepele oleh aqua karena umumnya pasaran akan lebih memilih suatu merek yang harganya murah tapi dengan isi yang sama, oleh karena itu, perusahaan akhirnya mengakuisisi perusahaan air mineral lainnya untuk dapat bersaing dengan perusahaan yang menjual dibawah harga yang diberikan oleh Aqua. Selain itu, tantangan lain yang harus dihadapi perusahaan Aqua adalah menurunnya kualitas sumber mata air di pegunungan, sehingga Aqua harus tetap mampu memberikan kualitas air mineral yang sama dengan kondisi tersebut.