Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Pada rangkaian logika sekuensial, keadaan keluaran selainditentukan oleh keadaan masukan juga ditentukan olehkeadaan keluaran sebelumnya. Hal itu menunjukkan bahwarangkaian logika sekuensial harus mempunyai pengingat(memory), atau kemampuan untuk menyimpan informasi.Rangkaian dasar yang dapat dipakai untuk membentukrangkaian logika sekuensial adalah latch dan flip-flop.Perbedaan latch dan flip-flop terletak pada masukanclock. Pada flip-flop dilengkapi dengan masukan clock,sedangkan pada latch tidak. Flip-flop hanya akan bekerjapada saat transisi pulsa clock dari tinggi ke rendah ataudari rendah ke tinggi, tergantung dari jenis clock yangdigunakan. Transisi pulsa clock dari rendah ke tinggi disebut transisi positif, sedangkan transisi tinggi kerendah di sebut transisi negatif.

FF – RS Berdetak

FF-RS bekerja sinkron atau aktif HIGH

Simbol Logika

Gambar 1. Tabel Kebenaran FF-RS

FLIP-FLOP D

Flip-flop D mempunyai karakteristik akan menghasilkan output yang sama dengan logika pada jalur D bila ada clock positif. Bila tidak maka flip-flop tersebut ada dalam keadaan mengingat (memori). Berikut adalah tabel kebenaran, simbol rangkaian dan rangkaian dari flip-flop D.

FLIP-FLOP JK

Flip-flop JK merupakan elemen memori yang ideal digunakan sebagai pencacah, pembagi frekuensi, dan register. Rangkaian flip – flop JK ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Gambar 2. JK-FlipFlop

Referensi:

  1. https://fauziahrizqy.wordpress.com/2013/06/07/rangkaian-logika-sekuensial/

http://matkul.xyz/memahami-rangkaian-sekuensial-dan-macam-macam-flip-flop/

http://matkul.xyz/memahami-rangkaian-sekuensial-dan-macam-macam-flip-flop/