Di era Revolusi Industri 4.0 ini, terjadi banyak perubahan-perubahan teknologi digital di berbagai bidang kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, bisnis, perbankan, infrastruktur, maupun komunikasi. Sebagai dampaknya, muncul profesi-profesi baru. Berikut ini beberapa profesi-profesi baru yang muncul di era digital, di antaranya yaitu:

Social Media Specialist

Profesi social media specialist muncul akibat banyaknya pengguna social media. Dalam hal ini, tentunya pelaku bisnis menjadikan social media sebagai sarana promosinya. Maka social media specialist merupakan profesi yang dibutuhkan dalam bisnis. Social media specialist bekerja mengelola seluruh akun media sosial perusahaan. Selain itu, social media specialist juga memiliki tugas dalam perencanaan konten, penulisan caption, dan strategi penjadwalan materi.

Content Writer

Content writer bekerja menulis artikel yang akan diunggah di website perusahaan. Pekerjaan sebagai content writer sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan karena  artikel yang dibuat oleh content writer harus informatif dan merepresentasikan produk ataupun citra perusahaan.

Video Creator

Profesi sebagai video creator merupakan profesi yang diminati oleh banyak perusahaan karena banyak perusahaan yang membutuhkan seorang video creator untuk membuat konten berbentuk video. Seorang video creator harus mampu membuat konsep yang matang agar pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan dapat menarik perhatian calon konsumen.

Affiliate Account Manager

Banyak perusahaan yang memanfaatkan program afiliasi ini karena untuk mempermudah penjualan produk perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan membutuhkan seorang affiliate account manager untuk membangun kerja sama.

Graphic Designer

Profesi graphic designer bekerja untuk membuat konten pemasaran perusahaan dalam bentuk gambar. Dalam membuat desain, seorang graphic designer dituntut untuk memiliki kreatifitas yang sangat tinggi. Hal ini perlu agar menghasilkan visual yang interaktif, komunikatif dan sesuai dengan pesan perusahaan kepada konsumen.

Data Analyst

Data analyst bertugas menganalisa data yang nantinya dapat menjadi acuan bagi kemajuan sebuah bisnis di suatu perusahaan. Data-data tersebut nantinya bukan hanya dianalisa saja, namun juga harus mampu dijelaskan sebab akibatnya oleh seorang data analyst. Oleh karena itu, profesi data analyst dituntut untuk memiliki kemampuan analisa yang kuat.

UI/UX Designer

UI singkatan dari User Interface, sedangkan UX adalah singkatan dari User Experience. Keduanya saling berkaitan dengan tampilan pada sebuah website. Seorang UI/UX designer bertugas untuk mendesain sebuah website ataupun aplikasi agar lebih mudah digunakan dengan tampilan yang mudah dipahami.