Perilaku Organisasi dan Soft Skill

Perilaku Organisasi dan Soft Skill
Jonathan Setiady – LD02/2301849813

Perilaku Organisasi adalah penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang, individu, dan kelompok bertindak dan bereaksi dalam suatu organisasi, untuk mencapai dan mencapai kualitas kinerja tertinggi, dan hasil yang dominan. Perilaku Organisasi mempelajari pengaruh dan dampak yang dimiliki individu, kelompok, dan struktur organisasi terhadap perilaku di dalam organisasi untuk tujuan meningkatkan efektivitas organisasi.

    Salah satu cara bagi suatu organisasi untuk menjadi lebih inovatif adalah dengan memanfaatkan karyawannya sendiri untuk berinovasi. Semua organisasi dan kelompok mengalami hubungan langsung antara kepuasan kerja, dan kinerja. Untuk memaksimalkan kinerja mereka dalam suatu sistem, penting untuk mengembangkan kinerja antar pribadi yang optimal. Revolusi industri menciptakan keinginan akan keterampilan keras untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai.

    Dahulu orang atau karyawan yang bekerja dibagian produksi dan distribusi tidak diharuskan berpikir atau berkomunikasi satu sama lain. Sekarang, karyawan tidak hanya dituntut untuk mempelajari keterampilan teknis baru tetapi juga bagaimana berkomunikasi, bernegosiasi, mendesentralisasi, dan memotivasi satu sama lain untuk menunjang organisasi ke arah yang lebih baik.

   Dalam dunia bisnis saat ini, Perilaku Organisasi adalah alat penting untuk mengelola tim yang efektif dan itu membantu untuk memahami perilaku manusia dalam suatu organisasi. Implementasi soft skill harus mendapatkan penekanan yang lebih tinggi dalam proses pendidikan dan pelatihan organisasi, tetapi tidak menghilangkan hard skill yang dimiliki hanya saja melengkapi keterampilan hard skill.

https://www.google.co.id/amp/s/www.kompasiana.com/amp/alifahputri/5a58faf2cf01b431412aee42/pentingnya-organizational-citizenship-behavior-dalam-organisasi