Bagi pemilik bisnis yang memiliki toko fisik, memiliki aplikasi POS akan memudahkan kasir ketika menerima pembayaran dari konsumen. Aplikasi Point of Sale (POS) adalah pengganti mesin kasir dengan fitur lebih lengkap dan harga lebih terjangkau. Selain itu, aplikasi POS juga tersambung ke komputasi cloud sehingga semua transaksi yang terjadi di toko tersimpan dengan baik.

Menariknya, aplikasi kasir ini tidak hanya bisa dioperasikan di pusat perbelanjaan saja, tapi turut digunakan di restoran maupun bisnis skala menengah ke bawah lainnya. Sehingga, semua pelaku bisnis bisa menggunakan  aplikasi POS.

Sebagai contoh, aplikasi POS yang bernama Mokapos. Aplikasi sistem kasir ini cocok sekali bagi pelaku bisnis skala kecil hingga kelas menengah. Menariknya lagi aplikasi ini bisa dijalankan secara mobile. Cara mengoperasikan aplikasi Moka pun sangat mudah, cukup install dan mendaftarkan diri saja. Adapaun keuntungan yang ditawarkan POS Moka, yaitu:

  1. membantu kasir dalam menghitung harga;
  2. mampu mengklasifikasikan produk;
  3. menampilkan berapa jumlah sisa stok;
  4. membuat laporan bisnis;
  5. menawarkan pilihan membayar bagi konsumen dengan alat pembayaran kredit maupun debit dari berbagai bank populer di Indonesia;
  6. maintenance manajemen dan karyawan, termasuk melihat evaluasi positif dan negatif yang diberikan oleh konsumen.

Selain Moka terdapat pula aplikasi POS yang bernama Pawoon. Namun, sebelum memutuskan instalasi Pawoon, ketahui lebih dahulu jika aplikasi kasir online ini memiliki dua versi yakni versi free dan berbayar. Bagi Anda yang benar-benar serius membutuhkan fungsional dari aplikasi ini maka dianjurkan untuk menggunakan Pawoon berbayar karena fitur yang ditawarkan lebih banyak. Keuntungan dari penggunaan aplikasi Pawoon, di antaranya yaitu:

  1. aplikasi Pawoon bekerja secara responsive dalam mencatat transaksi keuangan;
  2. mampu merancang customer relation management;
  3. meningkatkan trafik hubungan baik dengan para pelanggan
  4. dapat merancang strategi pemasaran melalui aplikasi;
  5. menyusun laporan keuangan.

Aplikasi Moka dan Pawoon hanya dua dari sekian banyak aplikasi POS lainnya. Masing-masing aplikasi memiliki keunikan tersendiri dan pada akhirnya, tentunya pilihan terserah pada masing-masing kebutuhan Anda dalam memilih apliksi POS.