Pengaruh Bisnis Startup Terhadap Industri 4.0 di Indonesia

Nakeisha Maria / 2201808983

Startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja di bangun atau dalam masa rintisan, yang pada umumnya mulai berjalan selama 5 tahun. Setelah perubahan jaman ini, istilah startup lebih di kategorikan untuk perusahaan yang menerapkan inovasi di bidang teknologi dalam menjalankan bisnis utamanya, dan dengan tujuan dapat menjadi solusi dari sebuah masalah di masyarakat. Setelah munculnya banyak bisnis startup, kita mengenal tentang startup Unicorn. Unicorn adalah status untuk perusahaan startup yang mempunyai nilai pasar sebesar 1 miliar US Dollar (sekitar 14 trilliun rupiah). Di Indonesia sekarang ini, sudah terdapat 5 bisnis startup yang menyandang gelar Unicorn adalah: Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO.

            Industri 4.0 adalah sebuah istilah yang diciptakan pertama kali di Jerman pada tahun 2011 yang ditandai dengan revolusi digital. Industri ini merupakan suatu jenis proses industri yang terhubung secara digital yang mencakup berbagai jenis teknologi. Dapat dikatakan sebagai sebuah revolusi, karena perubahan yang terjadi memberikan efek besar kepada ekosistem dunia dan tata cara kehidupan. Revolusi industri 4.0 bahkan diyakini dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas kehidupan secara signifikan. Indonesia pun saat ini mulai menggarap konsep Revolusi Industri 4.0 secara serius. Strategi Indonesia salah satunya, melalui Kementerian Perindustrian mecoba membuat sebuah roadmap bertajuk Making Indonesia 4.0. Dengan adanya bisnis startup yang mempunyai gelar Unicorn di Indonesia menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dan penggunaan sistem informasi melalui teknologi bertumbuh dengan cepat di Indonesia. Ini juga memicu pemerintah untuk mempercepat pembangungan infrastruktur melalui pembangunan kabel fiber optik di jalur Palapa Ring, yang tujuannya yaitu untuk menyebarkan internet secara merata di Indonesia.

            Kemajuan di era digital dan industri kreatif pun kemudian melahirkan bidang baru dalam dunia kewirausahaan, disebut dengan Creativepreneurship. Creativepreneur adalah entrepreneur atau wirausaha yang bergerak (berbisnis) atau membuka usaha di bidang yang berkaitan dengan kreatif dan kreatifitas. Karena saat ini adalah jaman atau era dimana kreatif dan kreatifitas mutlak sangat dibutuhkan. Tanpa kreatif, siapapun akan jadi tertinggal dan kalah. Jaman saat ini telah berubah dengan sangat cepat dan drastis. Generasi muda pun berbondong-bondong mengeluarkan ide-ide kreatif yang semakin inovatif dan dapat berkompetisi di jaman modern ini. Dengan begitu, startup baru yang akan bermunculan dan berkembang menjadi Unicorn dapat memperkuat perkembangan ekonomi di Indonesia.

Lampiran Gambar

Diatas adalah perbedaan dari industri 1.0 sampai 4.0 sekarang ini

Gambar diatas adalah 4 bisnis startup dengan gelar Unicorn di Indonesia
Daftar Pustaka

https://infopeluangusaha.org/pengertian-startup-dan-contoh-bisnisnya-di-indonesia/

https://www.barantum.com/blog/definisi-unicorn-startup-industri-4/

http://blog.aseankorea.org/?p=5910

Bill Clinten https://tekno.kompas.com/read/2019/10/07/20040027/ketambahan-ovo-ini-daftar-5-startup-unicorn-di-indonesia?page=all.

Listhari Baenanda https://binus.ac.id/knowledge/2019/05/mengenal-lebih-jauh-revolusi-industri-4-0/