Patricia Maria M. V.
                                                                                                                                                                                 2201763902 – LE02

Generasi milenial merupakan bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia di masa mendatang. Generasi ini Iahir di saat era tercanggih teknologi internet semakin masif digunakan, terutama dalam pemanfaatan media sosial sebagai platform komunikasi dan bersosialiasi. Berdasarkan hasil riset eMarketer pada 2017 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 112 orang. Sementara menurut data APJII, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu 1-7 jam per hari untuk beraktifitas di dunia maya. Era milenial memang telah merubah perilaku seseorang. Karena era milenial telah memberikan berbagai kemudahan dalam hal perkembangan teknologi informasi. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi salah satu aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Perlu pula dikembangkan interaksi dua arah dengan milenial agar fasilitas pengembangan skill bisa benar-benar menjawab kebutuhan baik itu dari pasar maupun dari minat dan bakat kaum muda sebagai subjek pembangunan.

Dalam industri creativepreneurship, peran soerang content creator dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Content Creator adalah sebuah profesi yang membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi dan biasanya masuk ke dalam tim kreatif atau tim media sosial karena konten-konten tersebut dibuat untuk media, terutama media digital seperti Youtube, Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger, dll. Content creator juga biasanya berkolaborasi dengan tim marketing untuk mendapatkan konsumen sebanyak – banyaknya dengan tempat utama media sosial usaha. Menjadi content creator juga perlu paham mengenai tren industri saat ini agar bisa menyesuaikan kebutuhan pasar. Dengan kekuatan visual seperti illustrasi produk, foto produk, desain produk dan deskprisi produk itu menjadi tanggung jawab utama content creator.

Content creator bisa dibilang menjadi tombak utama sebuah perusahaan apalagi perusahaan yang ranahnya mulai menggunakan media sosial serta platfrom lain untuk berjualan. Konsumen tidak akan mau melihat produk atau layanan kita ketika tidak menarik, konten yang biasa, Feeds yang berantakan, konsep penonjolan warna yang tidak jelas dan media sosial yang kurang aktif. Dengan permasalahan digital marketing itulah content creator hadir untuk menjadi penyelesain. Sebagai seorang creativepreneurship, menjadi content creator sangatlah cocok karena content creator itu harus kreatif, anti mainstream dan berimajinasi. Berfikir kreatif tapi yang umum juga akan kalah, jadi juga harus anti mainstream pola fikir kreatifnya.

Daftar Pustaka :

 

Lampiran :

Gambar mengenai ilustrasi seorang content creator

Digital marketing by content creator