Oleh : Reanna Loryn Setiawan

            Hidangan penutup atau yang dikenal sebagai ‘dessert’ ini merupakan hal yang wajib disantap oleh sebagian besar orang sebagai makanan pencuci mulut. Pannacotta adalah salah satu makanan yang sedang trend di masyarakat. Pannacotta adalah sebuah dessert yang berasal dari Italy yang merupakan pudding berbahan dasar cream yang dimasak dengan gelatine dan diberi berbagai macam rasa atau saus berry. Pannacotta ini baru dikenal masyarakat Indonesia sejak 2018 saat toko kue ternama menjualnya. Pudding yang memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang manis membuat masyarakat Indonesia ketagihan saat menyantapnya.

            Karena maraknya pudding kekinian ini, banyak sekali creativepreneur yang mengambil kesempatan untuk berjualan hidangan penutup ini sehingga kini pudding yang tadinya langka untuk ditemui, dapat kita temui di baik online maupun offline store. Pannacotta yang baru dikenal di masyarakat Indonesia dan baru masuk dalam industri makanan ini menjadi makanan penutup paling laris di tahun ini.

            Karena namanya yang makin melejit, banyak creativepreneur yang diuntungkan karena berjualan pannacotta dengan cita rasa Indonesia dengan menambahkan rasa cendol pada makanan yang berdomisili Italia ini. Perpaduan cendol dan pannacotta yang sangat lezat ini menjadi viral karena rasa yang unik. Harga yang ditawarkan rata-rata sekitar Rp 25.0000,00 hingga Rp 50.000,00 per porsi.

Referensi:

https://food.detik.com/info-kuliner/d-1977301/hmmlembut-creamy-panna-cotta-dari-italia

https://id.tastemade.com/videos/panna-cotta-cendol