Oleh = Mochammad Haldi Widianto

MOBA adalah singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena Yang artinya MOBA merupakan sebuah game multiplayer online yang bertema pertarungan di dalam arena.

Pada umumnya game MOBA adalah game yang memiliki sistem pertarungan 5 vs 5, dan kerjasama dalam tim sangatlah penting dalam game ini.

Dalam game MOBA terdapat role yang dan skill yang berbeda-beda, ada yang fokus ke serangan seperti: assassin, fighter (jarak dekat) dan marksman (jarak jauh), ada yang fokus terhadap pertahanan seperti: tanker, ada yang fokus terhadap bantuan yaitu support dan ada juga yang rolenya digabung misalnya karakter “Pyke dalam game League Of Legend yang memiliki role assassin-support, dan lain sebagainya.

Fitur lain dari game MOBA ini terletak pada sisi inklusivitasnya, dimana genre ini tidak menuntut pemainnya untuk harus merogoh kocek agar dapat bermain ataupun unggul dalam permainan. Meskipun berkategori free to play, MOBA juga memiliki sisi konten premium. Penjualan barang-barang kosmetik yang menambah nilai estetika permainan juga turut disertakan untuk memberi pengalaman bermain yang tidak ada duanya.

Gambar . League of Legends (LOL) via Riot Games

Itu dia, beberapa karakteristik MOBA. Apakah cuma itu saja? Masih ada lagi, loh. Yuk simak poin berikut.

MOBA tergolong permainan yang mudah dipahami, namun sulit untuk dikuasai. Mekanismenya yang kompleks disertai dengan variasi kemampuan bermain lawan ataupun kawan, terus memberi tantangan baru yang tiada habisnya. Untuk dapat bertahan dan menjadi pemain yang handal, diperlukan kerja keras. Mulai dari rajin membaca guide, menonton streaming pemain pro hingga latihan yang sering (melawan AI tentunya) adalah makanan sehari-hari untuk menempuh kepuasan bermain yang lebih.

Game yang berorientasi tim ini mampu mengubah mood dari bahagia hingga stres. Bagaiman tidak? Ketika kamu sudah memberi performa yang terbaik tetapi teman kamu justru bermain dengan ceroboh, emotional intelligence seseorang akan segera dapat diukur. Beruntung jika amarah diarahkan kepada pemain yang tidak dikenal dan tidak tersinggung. Bayangkan jika kamu bermain dengan teman kamu, dan secara tidak sengaja kamu melukai perasaan teman kamu. Sungguh sebuah fenomena ‘sudah jatuh, tertimpa tangga pula.’

Berlanjut dari isu yang muncul dari teamwork, perilaku pemain yang toxic dalam MOBA juga dapat menjadi sebuah ancaman nyata terhadap kenyamanan bermain. Flaming atau saling mengejek atau menghina pemain satu sama lain, adalah sebuah pemandangan yang tidak asing dalam permainan game onlineBullying bisa terjadi di mana saja, termasuk di dalam game MOBA, dan biasanya memiliki pemain amatir sebagai korbannya. Ketika seorang pemain baru yang memiliki antusias untuk bermain dihadapkan dengan lingkungan seperti ini, tidak akan mengherankan jika suatu hari nanti permainan ini akan menghilang dari pasaran.

Referensi:

  1. https://www.kompasiana.com/giobatistuta1375/5d3903830d82307e0b5aee85/mari-mengenal-tentang-apa-itu-moba
  2. https://gamebrott.com/10-game-mmorpg-android-terbaik-untuk-gamer-pemalas