Oleh = Mochammad Haldi Widianto

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah salah satu jenis dari Massively Multiplayer Online Game (MMOG) yaitu suatu game berbasis RPG dimana pemain client terhubung ke server game dalam memainkan gamenya. Terdapat ratusan bahkan ribuan pemain yang saling berinteraksi dalam dunia virtual. Server disini berfungsi sebagai central management dari game yang dimainkan. Sebagai contoh, game ragnarok adalah salah satu dari banyak game MMORPG. user/pemain/client harus memiliki software yang terinstal di komputer lokal dan akan terhubung ke server game ketika game dimainkan. Jika server down maka game tidak akan bisa dimainkan.

RPG sendiri adalah game dimana pemain mengontrol suatu karakter yang direpresentasikan dengan avatar. Karakter tersebut dapat berkembang seiring waktu, dapat berinteraksi dengan karakter lainnya dll. jadi MMORPG adalah game RPG yang dimainkan secara online.

Di dalam permainan MMORPG, mungkin kita sering melihat para pemainnya memakai berbagai istilah-istilah menarik. Mulai dari singkatan kata, hingga kata-kata khusus. Walau ada banyak game MMORPG di Indonesia kini, namun istilah-istilah yang dipakai kebanyakan adalah sama.Layaknya ‘bahasa gaul’ dalam kehidupan nyata, ‘bahasa MMORPG’ ini juga adalah alat komunikasi para pemainnya. Berikut adalah daftar istilah-istilah dalam game MMORPG yang sering umum dipakai dalam berbagai game:JK Flip-Flop (Master Slave JK Flip-Flop)

1. FlyFF Legacy

Game yang merupakan singkatan dari Fly For Fun ini menyuguhkan dunia fantasi yang didukung dengan grafis 3D dengan gaya anime. Sebelumnya game ini sendiri meurpakan game yang dirilis di PC dan dihadirkan kembali oleh sang pengembang Entermate dipaltfrom IOS dan Android. Game ini menyediakan tiga class yang bisa kamu pilih yang terdiri dari Mercenary, Acrobat, dan Magician. Menariknya game yang identic dengan sapu terbang ini memiliki cerita yang seru disetiap quest yang kamu jalankan. Untuk fitur “pemalas”sendiri Fly For Fun sendiri hanya menyediakan auto finding quest saja, sehingga cukup membantu menemukan quest di map Madrigal yang super luas digame ini.

Gambar 1. MMORPG

  1. Crusaders of Light

Jika kalian mencari game mobile yang memiliki tampilan mirip dengan game World of Warcraft adalah pilihan yang tepat. Crusader of Light sendiri adalah game yang dikembangkan oleh NetEase dan dirilis untuk platfrom Andorid. Game ini sendiri memiliki total quest lebih dari 300 jam gameplay, dan akan menyediakan fitur-fitur wajib khas game MMORPG yaitu Gulids, PVP dan eksplorasi. Untuk urusan grafis sendiri sepertinya Crusaders of Light sendiri tidak akan mengecewakan, karena akan memiliki tampilan yang memukau untuk ukuran sebuah game diplatfrom mobile. Fitur utama dari game yang satu ini adalah fitur PVP dimana kalian dapat bermain 40vs40 dengan para pemain lain secara realtime melalui mode Guardian Canyon. Untuk autoplay sendiri game ini hanya menyediakan auto quest, dimana kamu bisa duduk manis sambal menuggu karakter mu menacari NPC atau lokasi quest yang kamu ambil.  Nggak perlu buang-buang energikan brott.

  1. Dragon Nest M

Hampir sama dengan game Ragnarok yang merupakan game MMORPG klasik yang pernah meramaikan gamenet-gamenet di Indonesia, Dragon Nest juga memiliki versi mobile untuk gamenya. Versi mobile dari Dragon Nest sendiri dikembangkan oleh Shanda Games dimana pengembang ini sudah banyak merilis game-game berkualitas diplatfrom Andorid seperti Dragon Ball Online, Tales Runer dan Suuden Attack. Game ini sendiri tetap mempertahakan desain karakter dengan model chibi dimana kalian bisa memilih 6 class yang terdiri dari Academic, Assassin, Cleric, Archer, Warrior, dan Sorceress. Nilai utama dari game ini adalah sang pengembang meenyediakan begitu banyak daily quest dan event, sehingga progress karakter mu dapat meningkat dengan cepat. Sedangkan untuk fitur “pemalas” atau autoplay, Dragon Nest M menyediakan system auto quest dan auto attack, sehingga kamu tidak akan kehabisan energi mu karena kamu bisa aja memainkan game yang satu ini dengan satu jari saja.

Referensi:

  1. http://internet-segalanya.blogspot.com/2012/04/apa-yang-dimaksud-dengan-mmorpg.html
  2. https://gamebrott.com/10-game-mmorpg-android-terbaik-untuk-gamer-pemalas