Adanya pengaruh globalisasi menyebabkan pertarungan bisnis yang terjadi bukan hanya dalam satu negara saja melainkan lintas negara bahkan meyebabkan dunia bisnis berubah secara drastis sehingga persaingan menjadi semakin ketat dan berdarah. Untuk menghadapi situasi yang demikian, suatu perusahaan sepatutnya memiliki suatu keunggulan bersaing yang unik yang akan membantu mereka memenangkan persaingan yang ketat.

persaingan global membuat perusahaan harus memikirkan alternatif stategi beraliansi untuk bertahan hidup. Ketika sebuah perusahaan mencapai sebuah kondisi dimana semakin sulit untuk mempertahankan suatu keunikan dan menciptakan keunikan itu sendiri maka disanalah timbul kesadaran akan perlunya bekerjasama, demi mempertahankan hidup bersama. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan  Akio Morita (Chairman Sony), yang mengatakan bahwa dalam dunia yang  bebas ini,  setiap perusahaan harus berpikir dalam kerangka kerja sama  dengan perusahaan lain jika dia benar-benar ingin memenangkan  persaingan. orientasi perusahaan-perusahaan yang semula menganggap perusahaan lain sebagai pesaing yang harus dibunuh dan dimusnahkan mulai beralih menjadi kawan yang dapat diajak bekerjasama atau beraliansi untuk menciptakan competitif advantage yang lebih baik, seperti yang dinyatakan oleh Porter bahwa Sebuah perusahaan hanya dapat mengalahkan pesaing-pesaingnya jika mampu menciptakan keunikan yang dapat dipertahankannya Maka dengan beraliansi atau membentuk sekutu-sekutu, diharapkan dapat menciptakan suatu keunikan-keunikan yang baru atau lebih baik untuk menghadapi perusahaan atau bisnis lain diluar sekutunya.

Aliansi diharapkan menjadi sebuah strategi yang bisa membantu perusahaan untuk dapat menghadapi berbagai kondisi eksternal yang terjadi -hal ini sebagaimana dijelaskan diatas-, namun benarkah dengan melakukan aliansi ini, dapat memberikan nilai yang positif bagi perusahaan dalam hal competitive advantage atau justru sebaliknya? Kita akan mencoba menelusuri lebih jauh bagaimana kemungkinan, apakah aliansi strategis ini dapat meningkatkan competitive advantage perusahaan? Simak artikel berikutnya ya