Mengurus keuangan bisnis tentu berbeda dengan mengurus keuangan pribadi. Anda tidak hanya mengelola keuangan untuk diri Anda sendiri, tetapi juga keuangan untuk bisnis yang menyangkut kehidupan banyak orang.

Mengelola laporan keuangan memang membutuhkan ketelitian. Oleh karena itu, bagi pebisnis pemula, saat ini tersedia banyak aplikasi laporan keuangan gratis maupun berbayar. Beberapa aplikasi laporan keuangan yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Money Lover – Money Manager

Money Lover sangat cocok digunakan untuk mencatat keuangan pengeluaran harian, Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Selain mencatat pengeluaran harian, pengguna juga bisa mengklasifikasikannya berdasarkan kategori, entah itu transportasi, makan, dan sebagainya.

Money Lover dapat pula dijadikan sebagai pembuatan anggaran belanja/budget, mencatat pemasukan, hingga menganalisa pengeluaran yang paling besar berdasarkan kategori. Money Lover tersedia secara gratis maupun premium dan bisa diunduh melalui Playstore, iTunes, dan Windows Store.

  1. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Money Manager yang satu ini cukup populer. Fitur yang ditawarkannya sudah lengkap sehingga pengguna bisa langsung menggunakannya untuk kebutuhan dasar, seperti mencatat pengeluaran, menentukan anggaran belanja bulanan, hingga menentukan target uang yang harus terkumpul dalam beberapa periode.

  1. Financius – Expense Manager

Financius bisa menjadi alternatif aplikasi pengelola keuangan karena selain tampilan yang minimalis dan mudah digunakan, aplikasi pengelola keuangan Financius ini memungkinkan pengguna untuk mengelola beberapa akun keuangan sekaligus.

Banyak orang yang bekerja sambil berbisnis, sehingga gaji dan pendapatan dari bisnis mungkin harus dikelola secara terpisah. Oleh karena itu, Financius ini cocok bagi Anda yang memiliki beberapa akun keuangan yang ingin dikelola, misalnya keuangan sebagai karyawan sekaligus keuangan sebagai pebisnis.

  1. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi pengelola keuangan populer lainnya adalah AndroMoney. AndroMoney terbilang lengkap sebagai sebuah aplikasi pengelola keuangan karena memiliki berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pesaing, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Selain fitur yang lengkap, tampilan yang ditawarkannya juga minimalis, sehingga pengguna tidak akan mengalami kesulitan ketika melihat banyak angka di saat menggunakannya.

Melalui laporan keuangan, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara detail sehingga laporan keuangan memiliki peran sebagai evaluasi kinerja perusahaan dan dapat menjadi tolak ukur untuk merencanakan pengembangan bisnis lebih matang.