Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai uncertainty atau yang biasa kita sebut juga sebagai ketidakpastian. Ya…bener banget, dalam hidup ini dalam berbagai aspek dipenuhi dengan hal-hal yang tidak pasti. Apa yang sesungguhnya pasti di dunia ini adalah ketidakpastian itu sendiri.  Kita akan melihat aspek uncertainty ini dalam sudut pandang ekonomi.


Uncertainty atau ketidakpastian dalam konteks ilmu ekonomi dapat disebabkan oleh dua bentuk peristiwa yaitu:

  • uncertainty yang terjadi karena waktu/time
  • uncertainty yang terjadi karena adanya informasi yang disembunyikan/hidden information oleh pihak tertentu

Uncertainty karena waktu, adalah uncertainty yang muncul dengan dasar asumsi bahwa masa depan tidak dapat diprediksi. Maksud tidak dapat diprediksi disini adalah bahwa tidak ada seorangpun yang dapat secara pasti mengetahui apa yang akan terjadi besok, misalkan dalam kasus harga saham di bursa efek. Tidak seorang pun yang tahu secara pasti berapa harga pembukaan saham di esok hari.

Uncertainty yang terjadi karena adanya hidden information adalah uncertainty yang terjadi karena suatu informasi yang sengaja disembunyikan atau tidak disampaikan oleh salah satu pihak kepada pihak lain yang berkepentingan untuk maksud-maksud tertentu.

Hidden information dapat mengakibatkan  terjadinya dua macam masalah yaitu adverse selection dan moral hazard. Adverse selection adalah masalah yang muncul karena keputusan untuk memilih jatuh pada pilihan yang salah/buruk, misalnya perusahaan asuransi kecelakaan memilih atau mendapatkan customer yang memiliki perilaku buruk dalam berkendara sehingga rentan terhadap kecelakaan. Moral hazard adalah masalah yang muncul ketika seorang agen atau suatu pihak melakukan tindakan pelanggaran terhadap kesepakatannya dengan pihak lain dengan bentuk melalaikan kewajibannya dan menyembunyikan informasi yang seharusnya disampaikan demi kepentingan pribadinya.

Nah, demikian sekilas mengenai ketidakpastian atau uncertainty. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam