Media Cetak Yang Tidak Akan Pernah Mati
Oleh Ratna Amalia
Sebagai desainer komunikasi visual, kita harus mengetahui perkembangan media terbaru. Jaman yang semakin canggih, media digital menjadi sangat penting karena memiliki banyak sisi positif diantaranya mengurangi sampah. Konsumen atau target bisa membuka atau mengunduh dokumen di manapun berada. Tetapi di sisi lain media cetak tidak bisa dilupakan dalam kehidupan manusia. Media cetak masih merupakan hal penting dan tidak bisa hilang dalam keseharian. Salah satu contohnya adalah kemasan makanan. Selama makanan masih perlu dikemas dengan baik dan sebagai bagian dari branding, maka peran media cetak sebagai penyampai informasi masih sangat penting. Contoh lain adalah buku, walaupun e-book bahkan sekarang berkembang audio book yang merupakan salah satu dari sekian banyak media baru untuk menambah ilmu pengetahuan tetapi buku fisik masih sangat digemari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan perbedaan pengalaman yang dirasakan, diantaranya kenyamanan mata serta tekstur dan aroma kertas yang terasa menenangkan. Media publikasi seperti brosur, flyer, baligo, dan media cetak lainnya masih sangat digunakan pada acara2 tertentu.
Salah satu tugas dalam mata kuliah pada program studi Desain Komunikasi Visual yaitu membuat brosur. Brosur adalah salah satu media promosi barang maupun jasa yang mayoritas terbuat dari kertas dan di dalamnya berisi informasi-informasi penawaran maupun keterangan produk atau jasa.
Salah satu brosur karya mahasiswa
Dok. pribadi
Comments :