Artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai manfaat Google Bisnisku dalam mengoptimalkan kinerja pemasaran. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara mendaftarkan dan mengverifikasi bisnis Anda melalui Google Bisnisku

Berikut adalah cara daftar Google Bisnisku:
Langkah 1. Buka Google Bisnisku, lalu klik Mulai Sekarang


Langkah 2. Tuliskan nama bisnis Anda yang ingin didaftar


Langkah 3. Isi lengkap alamat bisnis Anda.


Langkah 4. Sesuaikan alamat bisnis Anda di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang sudah Anda tulis.


Langkah 5. Tulis kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Kategori bisnis ini akan memudahkan Google untuk mengelompokkan bisnis Anda di hasil pencarian. Ketika calon konsumen mencari “Toko Fashion Terkenal di Bandung” informasi bisnis Anda bisa muncul di hasil pencarian tersebut.

Langkah 6. Selanjutnya, isi no telepon/HP yang khusus untuk menerima telepon dari pelanggan. Selain itu, jika Anda sudah memiliki website, Anda bisa menuliskan alamat website Anda di bagian ini.

Langkah 7. Anda bisa memilih apakah Anda dapat menerima newsletter dari Google atau tidak.

Langkah 8. yaitu Verifikasi. Setelah Anda memasukkan informasi yang lengkap dan benar pilih verifikasi dengan mengisi nama penerima surat. Lalu klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu, tunggu surat dari Google datang ke alamat Anda. Selama proses verifikasi, Anda tidak bisa mengganti informasi yang sudah Anda tulis sebelumnya.

Hal ini penting untuk melindungi bisnis Anda dari pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi bisnis Anda. Selain itu, bisnis yang telah diverifikasi dianggap bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak terverifikasi.

Langkah 9. Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi. Setelah mendapatkan suratnya, Anda bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang terdapat dalam surat.

Langkah 10. Buka Google Bisnisku pada menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Dan langkah Verifikasi Google Bisnisku selesai.


Lengkapi Profil Google Bisnisku

Setelah Anda selesai memverifikasi bisnis Anda, Anda bisa melengkapi informasi bisnis Anda. Saat pendaftaran, Anda baru mengisi alamat bisnis, kategori bisnis, informasi kontak, dan website. Setelah verifikasi Anda bisa menambahkan berbagai informasi pendukung. Berikut informasi-informasi yang perlu Anda tampilkan:

  1. Foto
  2. Foto
  3. Deskripsi Bisnis

    Deskripsi bisnis berguna untuk menjelaskan bisnis Anda kepada para calon pelanggan. Berikan deskripsi singkat dan jelas. Bisnis Anda bergerak di bidang apa, produk unggulan Anda, dan berbagai informasi penting lainnya. Anda juga dapat melakukan edit diskripsi Google Bisniku jika di lain waktu terdapat perubahan.

    2. Foto

    Meskipun foto bersifat opsional, foto adalah salah satu komponen penting di Google Bisnisku. Tambahkan foto kantor, perusahaan, pabrik, café, atau restoran Anda. Foto dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

    1. Jam Operasional

    Tambahkan juga jam operasional bisnis Anda agar memudahkan pelanggan untuk menentukan kapan mereka bisa datang ke tempat bisnis Anda. Terutama bagi bisnis-bisnis seperti restoran dan café.

    1. Fasilitas

      Agar pelanggan bisa mengetahui mengenai fasilitas yang ada di bisnis Anda, tambahkan informasi fasilitas yang Anda tawarkan. Seperti, fasilitas-fasilitas lounge khusus, tempat penitipan anak, outdoor dining, tempat parkir luas, dan lain-lain.
    2. Menu

    Anda juga bisa menampilkan semua menu yang Anda tawarkan di Google Bisnisku. Selain itu, menu ini juga terdapat deskripsinya agar pelanggan mendapatkan informasi lebih jelas mengenai menu.