Semua orang pasti ingin bisnis yang dijalaninya berhasil. Berbagai cara dan strategi terbaik selalu dilakukan dengan maksimal demi kesuksesan bisnis mereka. Salah satu kunci keberhasilan bisnis yang perlu dilakukan adalah menentukan market atau pasar. Jika kita tidak tahu kemana dan kepada siapa bisnis kita akan dijual tentu saja bisnis kita tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sebelum bisnis kita beroperasi tentu saja kita harus menentukan market bisnis kita. Segmentasikan kategori-kategori konsumen yang nantinya akan cocok untuk bisnis kita, dari segmentasi tersebut kita dapat mengetahui dengan tepat siapa target market kita dan memposisikan bisnis kita secara benar. Setelah mendapatkan target market, kita dapat dengan mudah menentukan produk kita akan dikembangkan seperti apa, strategi promosi yang terbaik agar bisnis kita sampai kepada target market kita, harga yang pas untuk bisnis kita agar memperoleh profit yang maksimal, dan dimana kita dapat menjual bisnis kita.

          Salah satu contoh dari bisnis yang sukses saat ini adalah ojek online. Sudah banyak jenis ojek online saat ini, seperti Go-Jek asal Indonesia. Go-jek Indonesia adalah suatu jasa transportasi yang merupakan prionir penyedia jasa layanan ojek profesional. Go-jek memutuskan melakukan pasar target dengan melakukan strategi pemasaran tanpa perbedaan yaitu mengabaikan perbedaan segmen pasar dan menawarkan satu macam produk (Jasa)  kepada seluruh pasar, karena jasa yang ditawarkan oleh Go-jek memungkinkan untuk dinikmati atau dipakai untuk semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan, dan masyarakat biasa.

          Keberhasilan Go-jek hingga saat ini didasari dengan strategi marketing yang memiliki peranan penting bagi usahanya untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan. Go-Jek selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan, lebih peka terhadap kebutuhan pasar, memberikan upgrade secara terus menerus, dan memberikan berbagai macam kemudahan dari jasanya. Strategi lain yang Go-Jek terapkan adalah penentuan tarif. Penentuan harga ini juga menjadi salah satu kunci penting dalam proses Go-Jek memburu para target marketnya karena harga dapat memberikan persepsi tertentu dalam hal kualitas. Go-Jek menetapkan tarif yang cukup murah bagi penggunanya sehingga konsumen yang tadinya menggunakan ojek konvensional kemudian beralih ke Go-Jek. Go-Jek juga memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya dalam menentukan strategi pemasaran yaitu promosi jasa. Seperti penetapan media periklanan menggunakan media internet, sosial, brosur, radio, direct selling, event, media partner,  dan juga melalui tradisional marketing seperti publikasi dari mulut ke mulut. Go-Jek juga menggunakan artis sebagai brand ambassador untuk menarik konsumen.

         Dari contoh tersebut, dapat dipelajari banyak hal, salah satunya adalah kemampuan untuk menentukan target market. Menentukan target market adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Hal pertama  adalah melakukan STP (Segmenting, Targeting , Positioning). Segmentasikan pasar kita kemudian tentukan target market, setelah kita menentukan target market kita maka kita perlu memposisikan bisnis kita sesuai market yang telah kita pilih. Bila STP telah kita lakukan maka strategi promosi, penetapan harga, perkembangan produk, dan wilayah pemasaran dapat dengan mudah kita tentukan, sehingga bisnis kita dapat berjalan dengan baik dan tentunya berhasil.

 

Oleh:

Emmanuela Kesya 2301895851

Tesanca Anggara 2301851540

LD02

 

Referensi :

www.kompasiana.com

freepik.com

 

Topik :

Unique Marketing Issues – Process of Selecting Target Market