Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar, cita rasa kopi yang dihasilkan Indonesia memiliki karakteristik yang unik dan beragam. Pada perhelatan Specialty Coffee Association of America (SCAA) pertengahan April 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Kopi Gunung Puntang asal Desa Pasirmulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dinobatkan sebagai yang terbaik.  Kopi Gunung Puntang memang nyaris tidak terdengar, sebelum menjadi jawara. Gunung Puntang hanyalah gunung yang wilayahnya tak luput dari perambahan dan dengan Lahan yang dialihfungsikan menimbulkan masalah lingkungan. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan tahun 2017 menunjukan bahwa terdapat peningkatan ekspor kopi sebesar 19% dibandingkan tahun sebelumnya. Indonesia sendiri juga termasuk dalam empat besar negara penghasil kopi terbesar di Dunia dengan produk terbesar adalah kopi jenis robusta sebesar 72.84%.

Pada bulan Mei 2019, mahasiswa jurusan creativepreneurship Binus @Bandung berkesempatan untuk berkunjung ke Desa Wangun, Gunung Puntang dengan tujuan untuk mengobservasi pertumbuhan bisnis penjualan kopi puntang sekaligus melakukan studi tentang bagaimana meningkatkan usaha biji kopi puntang tersebut. Hasil dari observasi menunjukan bahwa para petani kopi masih mengalami kesulitan untuk memasarkan produk kopi mereka ke area yang lebih luas terutama bagaimana cara mempromosikan kopi mereka serta cara untuk meningkatkan kapasitas produk kopi mereka.

Kekurangan sumber daya manusia dan mesin pengolah biji kopi juga menjadi hambatan bagi mereka untuk dapat mengembangkan bisnis mereka. Demi meningkatkan potensi penjualan mereka, mereka mengharapkan bahwa ada bantuan dari investor maupun pemerintah yang dapat mendukung sektor produksi dan penjualan mereka.

 

Daftar Pusaka

https://www.mongabay.co.id/2018/04/16/kopi-gunung-puntang-potensinya-sungguh-menjanjikan/

https://kumparan.com/kumparannews/tentang-kopi-gunung-puntang-yang-disebut-jokowi-terbaik-di-dunia

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fregional.kompas.com%2Fread%2F2016%2F04%2F22%2F07100011%2FKopi.Gunung.Puntang.dari.Jawa.Barat.Juarai.Kontes.SCAA.di.Atlanta.AS&psig=AOvVaw3kn2M0Xi_TuFBDl_SGQKZA&ust=1572788133005000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCLDfzMXSy-UCFQAAAAAdAAAAABAR