Oleh Ratna Amalia

Pada tanggal 26 dan 27 Oktober bertepatan dengan hari Sabtu dan Minggu telah diselenggarakan acara Bandung Design Biennale. Design Biennale merupakan acara desain yang pertama kali diadakan pada tahun 1968. Acara ini berlangsung di Halls of Kortrijk, Belgia. Sampai saat ini Design Biennale telah diadaptasi banyak negara di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Bandung sebagai kota kreatif tidak mau ketinggalan dengan menggelar acara tersebut. 2019 merupakan tahun ke-2 terselenggaranya Bandung Design Biennale. mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Binus @Bandung berkolaborasi dengan Museum Gedung Sate ikut menjadi peserta Bandung Design Biennale. Banyak kegiatan yang dipersembahkan oleh mahasiswa-mahasiswa Desain Binus @Bandung, diantaranya pameran karya fotografi, tipografi, drawing, video personal landmark, video mapping, dan lain sebagainya. Ada juga pertunjukkan musik, tekwondo, designtalk, augmented reality, dan masih banyak lagi. Selain itu diselenggarakan pula workshop sketch yang dibantu oleh Bandung Sketchwalk, dan workshop untuk anak yang dikomandoi oleh Menthilis Project.

Penggunaan augmented reality pada karya

Dok. pribadi

Proses dalam mencapai acara yang baik memang tidak mudah. Para mahasiswa harus mengikuti rapat bersama dosen, mahasiswa, dan pengisi acara, memastikan lokasi acara, membuat karya-karya yang telah disepakati bersama, mengatur acara agar berjalan dengan lancar dan lain sebagainya. Butuh kerja sama, menyatukan visi misi dan pemahaman yang baik. Mahasiswa-mahasiswa ini dituntut untuk bisa mengeluarkan ide kreatif dan toleransi terhadap ide pihak/mahasiswa lainnya. Sebuah acara pasti tidak terlepas dari kekurangan tetapi banyak pembelajaran yang didapatkan oleh para mahasiwa dalam membuat acara yang baik. Diantaranya belajar mengeluarkan pendapat, mengasah kemampuan kepemimpinan, belajar mengambil keputusan dan tanggung jawab, dan tidak kalah penting adalah bekerja secara profesional.

Seluruh acara berjalan dengan lancar dan sukses, semoga mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Binus @Bandung bisa terus menciptkan karya-karya terbaik dan inovatif serta memiliki relasi yang baik dengan banyak pihak sehingga bisa terus berkolaborasi dan mengadakan acara-acara menarik dimasa mendatang.

Foto karya video mapping                             Pameran karya cetak

Dok. pribadi                                                            Dok. pribadi