Amanda Tesyalonika/ 2201809172

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan.

Grafik perusahaan yang sukses :

  1. Development : tahap merancang usaha
  2. Start-up : tahap memulai usaha
  3. Survival : tahap yang paling berat
  4. Rapid Growth : tahap dimana penjualan meningkat pesat
  5. Early naturity : omset mengalami kenaikan

beberapa cara yang bisa digunakan untuk menangkap ide bisnis yang tepat bagi Anda :

Lakukan Riset Bisnis & Produk

ide bisnis yang dicari dapat diperoleh melalui riset dan persentase yang dilakukan untuk memastikan jenis bisnis dan produk yang banyak diterima pasar.

Problem Solving

Setiap orang pasti memiliki masalah dan setiap masalah pasti membutuhkan solusi. Masalah-masalah yang pada awalnya bersifat personal rupanya telah banyak menginspirasi dan dikembangkan untuk menjadi ide bisnis cemerlang bagi banyak pebisnis sukses.

Mengikuti Perkembangan Tren

Tren adalah sesuatu yang banyak diminati oleh sekolompok orang pada satu waktu. Karena itu, sebuah ide bisnis yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menjaring konsumen dalam waktu cepat.

Baca Juga:Analisis Faktor Internal dan Eksternal dalam Bisnis

Belajar dari Kekurangan Pesaing

Anda bisa menjelajahi social media atau website bisnis yang memiliki produk atau layanan serupa dengan bisnis yang ingin Anda tekuni. Lihatlah bagaimana tiap orang memberi ulasan di kolom komentar pada website tersebut. Catat  apa saja keluhan yang ada. Hal-hal yang tidak bisa dipenuhi oleh pesaing Anda inilah yang dapat menjadi ide bagus untuk melahirkan sebuah bisnis baru.

Cara menyaring ide yang diperlukan :

  1. Kualitatif : SWOT analysis
  2. Kuantitatif : membuat category

Membuat kriteria

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk melindungi aset perusahaan adalah melalui Intellectual property, bentuk dari intellectual property antara lain adalah: patent, trade secret, trademarks, dan copyright.