Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Saat ini trend perkembangan jaman mengarah pada otomatisasi perangkat, di mana banyak pekerjaan manusia akan di gantikan oleh alat, dengan alasan sebuah alat lebih efisien, karena memiiki resiko yang minim kesalahan, sebagai contoh mesin pengemas makanan yang ada di pabrik besar sudah mamakai alat untuk melakukan pekerjaan nya, di mana inti dari alat tersebut adalah perangkat arduino yang sudah sedemikian rupa di atur, untuk mengemas produk makanan nya.

Saat ini, dengan banyak nya trend generasi muda yang ingin mempelajari tentang mikrokontroler dan otomatisasi suatu perangkat, namun kendala terbesar nya adalah, harga perangkat mikrokontroler ini tidak murah, alias mahal, hadir lah sebuah software simulator arduino,  simulator Arduino memungkinkan bagi siapa pun, yang berarti pemula dan perancang sirkuit profesional untuk belajar, memprogram dan menguji ide-ide tanpa khawatir membuang-buang waktu dan uang.

Simulator Arduino adalah platform perangkat lunak yang sempurna untuk programmer dan desainer yang ingin mempelajari dasar-dasar skema dan desain sirkuit. Dengan bantuan simulator Arduino, Anda akan mendapat kesempatan untuk belajar tanpa takut bahwa Anda akan merusak papan perangkat elekttronik dan peralatan desain Anda.

MahaSiswa yang menghadapi tantangan membeli peralatan listrik tanpa petunjuk tentang cara kerjanya dapat menghilangkan kesalahan coba-coba dengan bantuan simulator Arduino, menghemat waktu dan uang.

Autodesk Circuits

Autodesk Circuit adalah simulator elektronik yang lahir dari kemitraan antara Autodesk dan Circuits.io pada musim gugur 2013.  Aplikasi simulator ini berbasis web, jadi dapat langsung diakses dan digunakan. Sangat mudah digunakan bagi teman-teman pemula yang ingin cepat memprogram Arduino , dari browser kalian.

Gambar 1. Autodesk

Virtual Breadboard

Virtual Breadboard mungkin adalah simulator Arduino yang paling canggih yang tersedia . Aplikasi tersebut diciptakan oleh James Caska kembali pada tahun 1999 dan saat ini telah berkembang menjadi sebuah software yang sangat matang dengan daftar fitur yang banyak. Tidak hanya mensimulasikan perangkat Arduino tetapi juga Netduino dan PIC mikrokontroler.

Gambar 2. Virtual Breadboard

Simulator For Arduino

Dibuat oleh perusahaan Australia Virtronics , Simulator For Arduino adalah software berbasis dekstop yang menjalankan sistem operasi Windows. Mendukung sebagian besar perangkat keras Arduino , seperti Uno , mega , Nano dan dan beberapa modul board lainnya . Muncul dengan berbagai fitur yang membantu dalam mendesain prototyping sketsa cepat dan debugging.

 

Referensi:

  1. https://arduinotu.blogspot.com/2019/02/6-aplikasi-simulator-arduino-terbaik.html
  2. https://proyekrumahan.id/2016/08/arduino-simulator-mau-ngoding-tanpa-harus-punya-board-arduino/